30 Nama Daftar Jadi Sekjen PSSI, Ada Guru, Anggota DPRD, Pelatih Basket

By on May 20, 2017

Pos Sekjen PSSI diincar banyak pihak. Hingga penutupan pendaftaran, setidaknya ada 30 nama yang berusaha mengisi pos tersebut.

Ke-30 nama tersebut mendaftar setelah PSSI membuka lowongan pasca mundurnya Ade Wellington. Posisi Sekjen PSSI sementara diisi oleh Joko Driyono sebagai pelaksana tugas sementara.

Yang menarik, 30 nama diantaranya tak dari sepak bola. Ada yang berprofesi sebagai guru, pelatih basket, anggota DPRD.

Yang berasal dan berkecimpung serta pernah di sepak bola diantaranya, Ratu Tisha Destria sebagai chief of league enterprise PT Liga Indonesia Baru yang diperkirakan menjadi salah satu kandidat kuat, Eddy Sofyan selaku ketua umum Badan Sepakbola Rakyat Indonesia, Hendri Zainuddin yang merupakan mantan pengurus Sriwijaya FC.

Selain itu Hasan Basri yang menjabat ketua umum Asosiasi PSSI Kota Langsa, Alief Syachviar selaku PSS Sleman Marketing Consultant.

Ke-30 nama calon dipanggil mengikuti psikotes, Senin (22/5). Yang lolos akan dipanggil lagi menjalani tes kesehatan, Selasa (23/5) dan dilanjutkan tes kompetensi dengan dua uji materi, yakni simulasi Leaderless Group Discussion yang materinya juga akan disampaikan oleh Dinas Psikologi Angkatan Darat. Sedangkan materi kedua, uji kompetensi teknis dengan cara interview oleh jajaran Executive Committee PSSI.

“Kami mengundang seluruh pihak yang sudah melamar posisi Sekjen PSSI untuk mengikuti psikotes yang akan berlangsung Senin (22/05) di kantor PSSI,” kata Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi.

“Kenapa kami membuka ini? Untuk menyampaikan kepada publik bahwa posisi sekjen PSSI bukan hanya hak prerogatif saya sebagai ketua umum PSSI. Saya ingin memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh pihak yang berkompeten untuk mengisi posisi ini dan memajukan sepakbola Indonesia bersama-sama.”

“Apa kriteria seorang sekjen PSSI? Pertama tentu ia harus memiliki pengalaman dan pemahaman yang mendalam tentang dunia sepakbola. Kedua, ia harus memiliki leadership dan kemampuan manajerial yang cakap. Ketiga, berwawasan internasional karena sekjen harus membina hubungan yang baik dengan AFC dan FIFA,” tambah Edy Rahmayadi.

(Selanjutnya: Ke-30 Calon)

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *