6 Wasit dari Australia dan Kirgizstan yang Akan Pimpin Liga 1

By on August 2, 2017
logo-pssi

Liga 1 2017 makin dekat dipimpin wasit asing. Seperti yang diinformasikan PSSI, enam wasit asing telah datang, Rabu (2/8), dan segera menjadi pengadil pertandingan di putaran kedua.

Keenam wasit asing itu masing-masing berasal dari Australia dan Kirgizstan. Keenam wasit akan bertugas di periode pertama.

“PSSI berinisiatif untuk mendatangkan wasit asing. Australia dan Kirgizstan menjadi dua negara awal yang dipilih oleh PSSI untuk mengirimkan wasitnya agar bisa bekerja memimpin pertandingan di kompetisi Indonesia yang sedang berjalan saat ini.”

“Yang jelas, mereka memiliki lisensi wasit dari FIFA,” kata Ratu Tisha Destria, Sekretaris Jenderal PSSI dikutip dari laman PSSI.

“Di periode pertama, mereka datang tanggal 2 Agustus 2017 dan bertugas hingga tanggal 15 Agustus 2017. Untuk selanjutnya di periode kedua diperkirakan tanggal 16-28 Agustus 2017, berikutnya di periode ketiga tanggal 29-11 September 2017. Setiap periodenya kami menggunakan wasit dari negara yang berbeda.”

Kehadiran wasit asing merupakan bagian terobosan PSSI untuk meningkatkan kualitas kompetisi. Terlebih setelah sebelumnya kerap timbul protes dari peserta liga terkait kepemimpinan pengadil di lapangan.

George Cummings (mantan direktur wasit FIFA) yang sebelumnya didatangkan PSSI, juga sempat mengatakan bahwa wasit perlu ditingkatkan kualitasnya terlebih menyangkut kompetisi. Salah satunya dengan mendatangkan wasit asing, yang bisa transfer ilmu ke wasit lokal.

“Tidak berhenti sampai disitu, PSSI juga menekankan bahwa program penggunaan wasit asing akan mengarah kepada program pertukaran pada akhirnya.”

Adapun soal penempatan atau penugasan wasit asing, PSSI menyerahkan kepada operator PT Liga Indonesia Baru.

Berikut wasit asing yang tiba pada tahap Pertama :

1. Australia
– Evans Shaun Robert
– Brown Wilson Kenneth
– Lakrindis George

2. Kirgizstan
– Rysbek Sherkerbekov
– Artem Skopintsev
– Eldiiar Salybaev

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *