Andritany Ardhiyasa Kiper Terbaik di Putaran I, di Atas Huda dan Meiga

By on August 3, 2017
andritany-ardhiyasa_persija_sportsatu

Kiper Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa, menjadi kiper terbaik di putaran pertama Liga 1 2017. Berdasarkan catatan PT Liga Indonesia Baru (LIB), Andritany berada di atas Choirul Huda dan Kurnia Meiga.

Andritany pun dianggap menjadi salah satu pemain yang paling berpengaruh membuat Macan Kemayoran bertengger di tempat keenam hingga putaran pertama berakhir.

“Persija memang tak punya bomber rakus gol, tapi benteng mereka terbangun kekar dan sulit ditembus. Di antara 18 kontestan, mereka paling sedikit kebobolan. Bermodal postur 178 cm, kecepatan, insting tinggi, dan nyali besar buat membendung gempuran lawan, Andritany tak tergantikan di 17 laga,” tulis PT LIB.

“Rentang 1.496 menit menongkrongi benteng terakhir Persija, Andritany hanya 9 kali memungut bola dari dalam gawangnya. Ia 59 kali melakukan penyelamatan gemilang. Masih di bawah rapornya saat membela Persija di ISC A 2016 dengan 79 penyelamatan efektif.”

“Tentu, pencapaian Andritany diLiga 1 2017 belum optimal. Itu karena kompetisi baru menyelesaikan putaran I. Masih ada 17 laga di putaran II yang dapat ia manfaatkan buat menoreh rapor lebih istimewa sekaligus mengantar Persija ke posisi terbaik di akhir kompetisi.”

“Hingga laga penutup putaran I, ketika Persija menaklukan Bhayangkara FC 1-0 dalam Derbi Patriot, statistik performa Andritany sudah di atas kiper-kiper lain. Selalu starter dan tak pernah diganti, menit bermain Andritany maupun akumulasi penyelematannya di 17 laga tak tertandingi.”

PT LIB mencatat Choirul Huda berada di tempat kedua. “Kiper andalan Persela Lamongan, hanya tampil 21 menit pada laga kontra Barito Putera di pekan 17.”

“Total durasi bermainnya lebih rendah 69 menit dari Andritany. Akumulasi penyelamatannya juga kalah. Ia mencatat 54 kali dan gawang Persela kawalannya 22 kali jebol di 17 laga.”

“Posisi kiper dengan catatan penyelamatan terbanyak ketiga di putaran I Liga 1 2017 diisi Kurnia Meiga Hermansyah. Kiper Arema FC itu sempat di deret terdepan dengan rekor tak kebobolan di 4 laga awal beruntun. Rekornya berantakan sejak Arema FC digulung 4 gol tanpa balas Persela di Stadion Surajaya.”

“Kurnia juga 2 kali tak menjaga gawang Arema FC. Dari 15 kesempatan, menit bermainnya mencapai 1.350 dengan 48 kali penyelamatan dan 16 kali gagal menghalau bola serangan lawan. Akselerasi Kurnia yang beberapa kali jadi kiper timnas Indonesia terbenam di balik pencapaian apik Andritany. Catatan penyelamatan Kurnia sendiri sejajar dengan kiper Pusamania Borneo FC Muhammad Ridho Djazulie,” tambah PT LIB.

LIB

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *