Bermain Tanpa Penonton Sebagai Bentuk Dukungan Barcelona Terhadap Kemerdekaan Catalunya

By on October 1, 2017
barca

Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, mengungkapkan keputusan memainkan laga tanpa penonton saat menjamu Las Palmas di Camp Nou sebagai bentuk dukungan terhadap referendum wilayah Catalunya. Hal itu ia ungkapkan usai laga yang dimenangi Blaugrana dengan skor tiga gol tanpa balass, Minggu (1/10).

Ada hal aneh di laga antara Barcelona kontra Las Palmas pada jornada ketujuh La Liga. Jika biasanya markas Barcelona, Camp Nou selalu dihiasi suporter yang mendukung Barcelona kali ini stadion berkapasitas 98 ribu penonton tersebut sepi tanpa ada yang menonton kecuali media.

Memang sebelum laga bergulir ada wacana pertandingan ini akan ditunda karena bertepatan dengan referendum yang sedang terjadi di Catalunya. Tapi, karena keinginan Barcelona ditolak LFP, akhirnya Blaugrana memutuskan pertandingan tetap dilanjutkan dengan kondisi tertutup atau tanpa penonton.

“Ini adalah bentuk solidaritas kami atas apa yang terjadi hari ini. Ini bukan masalah keamanan karena kepolisian setempat sudah memberi kami izin bermain. Kami ingin menyatakan pertandingan ini berbeda untuk segala bentuk yang terjadi di Catalonia, karena kurangnya kebebasan kami,” kata Bartomeu dilansir Beinsport.

“Kami sangat menyesal karena apa yang terjadi hari ini. Kami memutuskan untuk bermain tanpa penonton karena kami ingin memberi dukungan kepada mereka yang tidak mendapatkan kebebasan. Lagi pula jika kami tidak bermain maka kehilangan enam poin, tiga poin karena kalah secara WO dan tiga lainnya karena sanksi,” jelasnya.

About Aga Buge Katiara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *