Bersama Dengan Arema dan Persib, Bali United Resmi Kantong Lisensi AFC

By on October 26, 2017
nick-bali-united baliutd.com

Setelah melakukan verifikasi, Bali United secara resmi telah mengantongi lisensi klub profesional dengan standar AFC. Hal tersebut dipastikan setelah surat yang diterima manajemen Bali United dari PSSI.

CEO Bali United, Yabes Tanuri mengaku sangat bersyukur atas dikantonginya lisensi AFC tersebut. Ia mengatakan hal tersebut tidak lepas dari kerja keras semua pihak di Bali United. Namun dirinya tetap mengingatkan untuk tetap fokus di tiga pertandingan sisa Liga 1.

“Ya, Bali United sudah resmi mendapatkan lisensi AFC walaupun masih ada sedikit kekurangan yang harus kami lengkapi. Namun kami yakin akan segera melengkapi kekurangan tersebut sebelum waktu tenggang yang ditentukan. Ini semua hasil kerja keras semua pihak di klub ini. Tapi terlepas dari itu, saat ini kami fokus di tiga pertandingan sisa di Liga 1,” ujar Yabes Tanuri.

Seperti yang diketahui sebelumnya, ada lima aspek yang harus dipenuhi klub agar mendapatkan lisensi klub profesional. Kelima aspek itu adalah legalitas, finansial, infrastruktur, sumber daya manusia dan administrasi, dan sporting (pembinaan usia dini). Lisensi itu diperlukan agar klub bisa berkompetisi di kancah Asia tahun depan.

Indonesia sendiri pada 2018 mendapatkan jatah satu klub untuk tampil di babak play-off Liga Champions Asia dan dua jatah langsung tampil di Piala AFC. Dalam aturan AFC, mereka akan melihat posisi klub yang berada pada peringkat satu sampai sembilan dari hasil kompetisi masing-masing negara. Posisi teratas akan menjadi prioritas dengan syarat harus memenuhi lisensi AFC.

Sebelumnya sudah ada dua klub yang terlebih dahulu mengantongi lisensi klub profesional AFC, yaitu Persib Bandung dan Arema FC. Sedangkan Persija Jakarta dan Madura United hanya tinggal melengkapi semua berkas sebagai syarat yang ditetapkan oleh AFC.

About Adnan Abdul Ganni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *