Berubah Pikiran, Filipina Akan Tetap Jadi Tuan Rumah SEA Games 2019

By on August 18, 2017
bendera-filipina

Filipina berubah pikiran dan akan tetap menjadi tuan rumah SEA Games 2019. Hal ini seperti diumumkan oleh Ketua Komisi Olahraga Filipina (PSC) William Butch Ramirez, Presiden Komite Olimpiade Filipina (POC) Jose ‘Peping’ Cojuangco, bersama Sekretaris Luar Negeri Allan Cayetano.

Sebelumnya Filipina memutuskan mengundurkan diri lantaran pemerintah ingin mengalihkan dana untuk SEA Games 2019. Pemerintah ingin menggunakan dana guna pemulihan daerah yang dilanda konflik di Marawi dan lokasi lain di Mindanao.

Keputusan itu langsung dari Presiden Rodrigo Duterte dan melalui Sekretaris Eksekutif Salvador Medialdea. Sebelum diumumkan, William Ramirez dipanggil ke Istana bersama Senator Miguel Zubiri, yang ditunjuk Duterte mengawasi rencana tuan rumah.

Keputusan mundur langsung mendapat respons dari negara tetangga. Indonesia dan Thailand dilaporkan menyatakan kesiapan menggantikan Filipina.

Menurut Cayetano, keputusan untuk tetap menjadi tuan rumah sesuai dengan yang dibayangkan Presiden Rodrigo Duterte sebagai Filipina Baru, seperti dikutip dari Manila Times.

“Semua orang tahu bahwa Presiden adalah orang yang tangguh, ia juga memiliki hati lembut, terutama terhadap olahraga dan atlet Filipina,” jelas Cayetano dikutip dari Manila Times.

“Atlet kami akan memiliki kesempatan, tidak hanya memamerkan olahraga dan bakat mereka, tapi juga Filipina baru yang kami harapkan dalam dua tahun kedepan,” jelas Cayetano dikutip dari Spin.

Allan Cayetano kemudian diangkat menjadi ketua panitia penyelenggara SEA Games.

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *