Dendam Tuntas, Timnas U-19 Indonesia Gulung Thailand 3-0

By on October 8, 2017
timnas-u19-indonesia-thailand_thailandntofficial Timnas U-19 Indonesia vs Thailand/ThailandNTOfficial

Timnas U-19 Indonesia berhasil membalas kekalahan di semifinal Piala AFF U-18 2017. Itu setelah dalam partai uji coba di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Minggu (8/10), menggebuk Thailand 3-0.

Indonesia menang setelah membuka pertandingan dengan saling jual beli serangan. Indonesia berkali-kali mentok memberikan ancaman ke gawang Thailand yang dikawal Suthipong Pisansub.

Percobaan Indonesia gagal lagi pada menit ke-15. Bola sepakan M. Iqbal memaksimalkan umpan pendek Rafli Mursalim belum menemui sasaran.

Indonesia terus menekan dengan mengandalkan kecepatan. Thailand yang tak tampil dengan skuad juara Piala AFF U-18 2017 mengingat mayoritas diisi pemain baru, juga menyerang sehingga laga berjalan seru.

Usaha Egy Maulana Vikri usai melewati bek dan kiper Thailand tak membuahkan hasil pada menit ke-39. Bola sepakannya terbang di atas gawang.

Timnas U-19 Indonesia baru mencetak gol pada menit ke-44. Adalah Witan Sulaeman yang mencatatkan nama di papan skor.

Gol lahir berawal dari kesalahan kiper Thailand, Suthipong Pisansub. Bola yang ditangkapnya terlepas sebelum coba dihindarkan dari Witan. Bola didapat Witan Sulaeman dan mudah diceploskan ke gawang kosong.

Indonesia hampir membuat gol lagi pada menit ke-45+2. Bola sepakan Witan terblok dan keluar. Skor 1-0 menutup babak pertama.

Sebelum babak kedua bergulir, pergantian dilakukan Indra Sjafri. Syahrian Abimanyu dan Saddil Ramdani dimasukkan. Pergantian juga dilakukan Marc Palacios.

Timnas U-19 Indonesia kembali tampil menyerang. Pada menit ke-56, bola sepakan Egy Maulana kena mistar, adapun bola tembakan Syahrian Abimanyu ditepis kiper pengganti Varuth Wongsomsak ke samping pada menit ke-61.

Pergantian kembali dilakukan, pun oleh pelatih Thailand. Indonesia mendapat dua ancaman masing-masing melalui Sakunchai pada menit ke-71 dan dan Kiitiphong Supanya pada menit ke-78, namun bisa diantisipasi Aqil Savik.

Timnas U-19 Indonesia baru mencetak gol lagi pada menit ke-79. Giliran Syahrian Abimanyu yang menjebol gawang Thailand setelah bola sepakan kaki kirinya dari luar kotak mengarah ke pojok dan tak bisa dihalau.

Thailand tak juga mencetak gol. Sebaliknya, Indonesia membuat gol ketiga sehingga unggul 3-0 lewat Saddil Ramdani pada menit ke-88. Bola sepakan kaki kiri Saddil yang menyusur tanah mengarah ke pojok bahwa, tak bisa dihalau Varuth Wongsomsak.

Skor 3-0 tidak berubah hingga laga berakhir.

Timnas U-19 Indonesia selanjutnya melanjutkan persiapan untuk Kualifikasi Piala Asia U-19 2018. Adapun Thailand akan beruji coba melawan Borneo FC U-19 di Samarinda, 11 Oktober.

Susunan Pemain:

Indonesia: M. Aqil Savik (GK), Rifad Marasabessy, Rachmat Irianto, Nurhidayat Haris (Julyano Pratama 76′), Firza Andika (Samuel Christianson 62′), Luthfi Kamal, Witan Sulaeman (Feby Eka Putra 76′), Asnawi Mangkualam (Syahrian Abimanyu 46′), M. Iqbal (Saddil Ramdani 46′), Egy Maulana Vikri (C), Rafli Mursalim (Hanis Saghara 62′)

Thailand: Suthipong Pisansub (GK), Natakorn Soithong, Keeron Ornchaiphum, Peerapat Jampakaew, Kritsada Nontharat, Passakorn Biaothungnoi, Chaiwat Weerakuphanich, Nattawut Chootiwat (C), Robin Kjell Holm, Korawich Tasa, Nakharin Thepaukson

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *