Diwarnai Ricuh Pemain, Timnas U-22 Indonesia Tekuk Timor Leste 1-0

By on August 20, 2017
timnas-u22-indonesia_pssi Timnas U-22 Indonesia/PSSI

Timnas U-22 Indonesia kembali meraih kemenangan di SEA Games 2017. Terbaru diperoleh di laga ketiga Grup B melawan Timor Leste di Stadion Selayang, Minggu (20/8).

Indonesia menang meski dengan skor tipis 1-0. Kemenangan didapat setelah mendapat tekanan lebih dulu di awal pertandingan.

Timnas U-22 Indonesia, yang mendapat dukungan ribuan fans, seharusnya memiliki peluang menciptakan gol dari titik putih jika wasit cermat. Bola tendangan bebas Indonesia mengenai tangan Andelino Trindade, yang menjadi pagar di kotak penalti pada menit ke-11.

Indonesia mengancam pada menit ke-14, namun gagal menghasilkan gol. Tekanan dan percobaan dilakukan, salah satunya melalui umpan-umpan silang.

Skuad Garuda baru mencetak gol pada menit ke-21. Adalah Marinus Wanewar, yang mencatatkan nama sebagai pencetak gol.

Lahirnya gol berawal dari aksi Septian David Maulana di sisi samping. Bola dikirimnya ke depan gawang Timor Leste dengan umpan lambung dan disambut Marinus dengan kepala.

Setelah gol itu, timnas U-22 Indonesia makin semangat. Sementara Timor Leste mencoba membalas.

Timor Leste melepaskan percobaan melalui Danilson Conceicoa pada menit ke-26. Bola ke pojok bisa ditepis Kurniawan Kartika Ajie.

Marinus Wanewar mencoba mencetak gol lagi pada menit ke-32, namun bola sepakannya terbang di atas gawang. Sementara bola sepakan pemain Timor Leste pada menit ke-41 bisa diamankan Kartika Ajie.

Skor 1-0 untuk Indonesia tidak berubah hingga paruh pertama berakhir setelah upaya di sisa 45 menit pertama tak membuahkan hasil.

Empat menit selepas turun minum, Indonesia mengancam lagi melalui Marinus Wanewar. Bola tembakan penggawa Persipura Jayapura itu ke samping.

Skuad Garuda hampir membuat gol lagi pada menit ke-54, namun bola umpan Marinus dipotong kiper Timor Leste sebelum disambut Septian David Maulana. Adapun pada menit ke-59, ancaman dibuat Timor Leste melalui Henrique Wilson.

Timnas U-22 Indonesia gagal lagi mencetak gol pada menit ke-62. Bola sundulan Osvaldo Haay belum menemui sasaran.

Skuad asuhan Luis Milla mendapat peluang menciptakan gol setelah bola umpan terobosan diterima Osvaldo Haay. Namun gangguan di dalam kotak membuat Osvaldo terhenti, sementara bola kemudian diamankan, pada menit ke-73.

Adapun bola tembakan Saddil Ramdani yang meluncur deras tak menemui sasaran. Sepakan Saddil Ramdani kembali tak membuahkan hasil pada menit ke-89.

Kericuhan antar pemain kedua tim mewarnai di ujung laga. Itu setelah Evan Dimas berusaha dijegal pemain Timor Leste, yang mengangkat kaki terlalu tinggi.

Evan Dimas tampak didorong, sementara kepala Septian David Maulana dipukul. Evan Dimas, Marinus, dan Rufino Walter dikartu kuning, sementara Felipe Oliviera, yang kerap mengangkat kaki terlalu tinggi, dikartu merah karena memukul Septian David Maulana.

Indonesia tetap tak bisa mencetak gol di babak kedua, pun dengan Timor Leste, yang memberi perlawanan sengit. Skor tetap tidak berubah hingga laga berakhir.

Tambahan tiga angka membuat Indonesia mengoleksi tujuh poin dari tiga pertandingan. Indonesia pun mendekat ke semifinal. Adapun Timor Leste tetap tanpa poin dan tak akan lolos.

Indonesia selanjutnya menghadapi tim kuat di Grup B yaitu Vietnam pada 22 Agustus sebelum menutup penyisihan grup melawan Kamboja, dua hari berselang.

Susunan Pemain

Indonesia: Kurniawan Kartika Ajie (Satria Tama 67′), Gavin Kwan Adsit, Hansamu Yama, Ricky Fajrin, Rezaldi Hehanusa, Hanif Sjahbandi (Asnawi Mangkualam 80′), Evan Dimas, Febri Hariyadi (Saddil Ramdani 72′), Septian David Maulana, Osvaldo Haay, Marinus Wanewar

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *