Filipina Mundur Menjadi Tuan Rumah SEA Games 2019

By on July 21, 2017

Filipina mundur menjadi tuan rumah SEA Games 2019. Hal ini seperti disampaikan oleh Ketua Komisi Olahraga Filipina, William Ramirez.

Ini disebabkan pemerintah ingin mengalihkan dana untuk SEA Games 2019 dan menggunakan guna pemulihan daerah yang dilanda konflik di Mindanao.

“Karena situasi saat ini di Mindanao dan masalah terorisme dan kejahatan, kami dengan menyesal menginformasikan bahwa kami tidak akan mendorong lagi tuan rumah acara dua tahunan itu,” tulis William Ramirez dalam surat yang ditujukan ke Presiden Komite Olimpiade Filipina, Jose “Peping” Cojuangco dikutip dari ABS-CBN.

“Sudah diputuskan bahwa sumber daya pemerintah difokuskan untuk rehabilitas dan pembangunan kembali Mindanao, khususnya Marawi.”

Keputusan itu langsung dari Presiden Rodrigo Duterte dan melalui Sekretaris Eksekutif Salvador Medialdea. William dipanggil ke Istana bersama Senator Miguel Zubiri, yang ditunjuk Duterte mengawasi rencana tuan rumah, Rabu.

William Ramirez yakin bahwa pemerintah tetap mendukung wakil negara tampil di SEA Games 2017 di Kuala Lumpur dan Olimpiade 2020. Filipina juga dijelaskan bersedia apabila kondisi membaik setelah Olimpiade 2020.

Filipina sebelumnya maju menjadi tuan rumah setelah Brunei, yang seharusnya mendapat giliran menjadi tuan rumah 2019 mengundurkan diri. Adapun Vietnam yang mendapat giliran menyelenggarakan pada 2021 juga menolak lebih cepat menjadi tuan rumah.

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *