Gilas Brunei 8-0, Timnas U-19 Indonesia Lolos ke Semifinal

By on September 13, 2017
egy-maulana-timnas-u19-indonesia_mff MFF

Timnas U-19 Indonesia memastikan diri lolos ke semifinal Piala AFF u-18 2017. Itu setelah memenuhi syarat lolos tanpa terpengaruh laga lain Vietnam melawan Myanmar.

Indonesia lolos usai menang telak dengan skor 8-0 atas Brunei Darussalam di laga terakhir Grup B di Stadion Thuwunna, Yangon, Rabu (13/9) sore. Hasil ini diperoleh setelah langsung tampil menggebrak.

Hanya 43 detik, Indonesia mampu unggul 1-0. Gol pertama timnas U-19 Indonesia dicetak oleh M. Rafli setelah berhasil mencuri bola. Sempat terjatuh, Rafli bisa menguasai bola sebelum menceploskan ke gawang Brunei.

Garuda Nusantara hampir membuat gol lagi pada menit ketiga. Namun bola sepakan M. Rafli belum menemui sasaran. Sementara percobaan Egy Maulana Vikri pada menit kelima gagal berbuah gol.

Timnas U-19 Indonesia terus menyerang dan melakukan percobaan. Pada menit ke-14 bola sepakan Feby Eka Putra diblok.

Indonesia membuat gol lagi pada menit ke-18. Itu setelah bola sepakan Egy Maulana Vikri terblok namun mengarah ke gawang. Bola coba dibuang Nazif Safwan, namun tetap masuk.

Egy Maulana menggetarkan jala gawang Brunei untuk ketiga kalinya setelah memaksimalkan umpan terobosan. Bola sepakan kaki kiri Egy ke tiang jauh dan masuk pada menit ke-22.

Indonesia terus mencoba. Bola sepakan M. Rafli pada menit ke-37 dihalau Amirul Zulkarnain.

Indonesia nyaris membuat gol lagi pada menit ke-39, namun Witan Sulaeman terlambat menyambut umpan Egy yang melewati depan gawang Brunei.

Skor baru berubah lagi pada menit ke-41. Bola sepakan Witan melambung ke pojok atas gawang dan masuk.

Itu sebelum M. Rafli mencetak gol keduanya pada menit ke-42. Gol yang dibuat dengan sundulan membuat Indonesia memimpin 5-0.

Indonesia hampir mencetak gol keenam pada menit ke-45+1. Gol keenam baru lahir pada menit ke-45+2 melalui M. Rafli, yang sekaligus mencatatkan hattrick.

Timnas U-19 Indonesia unggul 6-0 hingga paruh pertama berakhir. Indonesia kembali menebar ancaman usai turun minum, di mana sepakan yang mengarahkan bola ke gawang terus dilakukan. Sementara itu Brunei mencoba bangkit.

Peluang didapat Indonesia pada menit ke-63 setelah Egy melakukan tusukan dari sisi samping. Bola yang dikirim Egy gagal dimaksimalkan M. Rafli.

Gol ketujuh dibuat pada menit ke-66. Adalah Witan Sulaeman, yang kembali mencetak gol dengan kepala.

Hanis Saghara memperbesar keunggulan menjadi 8-0 lewat gol pada menit ke-68 setelah Egy Maulana melakukan tusukan dari sisi samping. Bola dikirim Egy ke depan mulut gawang dan dengan mudah diceploskan Hanis.

Gol terus dicari, namun hingga laga berakhir skor 8-0 tidak berubah. Hasil ini membuat timnas U-19 Indonesia mengoleksi sembilan poin dengan catatan selisih gol plus 15.

Indonesia lolos dengan status sebagai juara Grup jika Myanmar menang tipis dengan selisih satu gol atas Vietnam. Jika demikian, timnas U-19 Indonesia akan bertemu runner-up Grup A, Thailand, Jumat (15/9).

Susunan Pemain

Indonesia: Aqil Savik (GK), Dedi Tri Maulana, Rachmat Irianto (C), Kadek Raditya, Samuel Christianson, Luthfi Kamal (Syahrian Abimanyu 50′), Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam, Feby Eka Putra (Saddil Ramdani 46′), Egy Maulana Vikri, M. Rafli (Hanis Saghara 65′)

Brunei: M. Amirul Zulkarnain (GK), Rahimin Abdul Ghani, Abdul Wadud Ramli, Nazif Safwan Jaini, Wafi Aminuddin (C), Azirul Asmadi Aji, Nur asyraffahmi Norsamri, Hanif Farhan Azman, Abdul Mateen Said, Aqil Danish Aslam, Abdul Hariz Herman

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *