Gilas Filipina 9-0, Timnas U-19 Indonesia Pimpin Klasemen Grup B

By on September 7, 2017
timnas-u19-indonesia-filipina-aff-u18_mff Timnas U-19 Indonesia Rayakan Gol/MFF

Timnas U-19 Indonesia kembali meraih kemenangan di laga kedua Grup B Piala AFF U-18 2018. Kemenangan besar dengan skor 9-0 diperoleh saat bertemu dengan Filipina di Stadion Thuwunna, Yangon, Kamis (7/9).

Hasil ini diperoleh setelah tampil menekan sejak awal pertandingan. Filipina sempat mengancam pada menit keempat, namun bola sepakan Mariano Suba ditepis M. Riyandi.

Indonesia mendapat peluang pada menit ketujuh, namun bola sepakan Egy Maulana Vikri dihalau. Skuad Garuda Nusantara membuka keungggulan melalui gol pada menit kedelapan.

Gol pertama timnas U-19 Indonesia dicetak oleh Feby Eka Putra. Itu setelah bola sepakan dari luar kotak terbang melengkung ke pojok gawang Filipina.

Indonesia mendapat peluang lagi pada menit ke-10 setelah Egy Maulana Vikri bisa menguasai bola hasil umpan jauh. Gol tak bisa diciptakannya karena sepakannya lemah dan membuat bola mudah diamankan.

Adapun bola sepakan Hanis Saghara diblok pada menit ke-17. Timnas U-19 Indonesia terus menekan dan mencoba mencetak gol lainnya.

Skuad Garuda Nusantara baru mencetak gol lagi pada menit ke-22. Giliran Egy Maulana yang mencatatkan nama di papan skor usai mendapat bola di dalam kotak. Indonesia hampir mencetak gol lagi pada menit ke-23.

Indonesia unggul 3-0 setelah M. Iqbal berhasil menyambut umpan Feby Eka Putra dari sisi samping. Bola ke depan gawang disambutnya menjadi gol.

Sementara itu bola sepakan Asnawi Mangkualam dari titik putih pada menit ke-31 dihadang Quincy Julian Boltron Kammeraad.

Titik penalti kembali ditunjuk wasit setelah Feby dilanggar dikotak penalti pada menit ke-37. Egy Maulana Vikri sukses menjalankan tugasnya dan membuat Indonesia memimpin 4-0.

Indonesia memimpin 5-0 setelah bola sepakan bebas M. Iqbal mengarah ke pojok bawah dan masuk pada menit ke-40. Timnas U-19 Indonesia terus mencoba mencetak gol lagi, namun skor 5-0 bertahan hingga paruh pertama berakhir.

Garuda Nusantara menggetarkan gawang Filipina lagi pada menit ke-46. Namun wasit tak mengesahkan gol Hanis Saghara karena dalam posisi offside. Sementara itu peluang pada menit ke-63 tak menjadi gol.

Indonesia mencetak gol lagi pada menit ke-68. Feby Eka Putra kembali menjadi pencetak gol setelah terlepas dan bola sepakannya tak bisa dihadang.

Gol ketujuh hampir saja tercipta melalui kaki sang kapten, Rachmat Irianto. Itu setelah dirinya menerima umpan terobosan dan berhasil melewati penjaga gawang pada menit ke-69. Tapi bola sepakannya kena tiang.

Skuad asuhan Indra Sjafri tampak belum puas dengan keunggulan enam gol. Gol kembali diciptakan oleh Feby Eka Putra pada menit ke-87 dengan sontekan usai menerima umpan terobosan sekaligus membuatnya hattrick.

Penalti kembali diberikan kepada Indonesia. Itu setelah Quincy Julian melanggar M. Rafli. Quincy Julian dikeluarkan wasit, sementara M. Rafli sukses menyarangkan bola dari titik putih pada menit ke-91.

Resky Fandi Witriawan menutup kemenangan Indonesia dengan skor 9-0 lewat gol pada menit ke-92.

Tambahan tiga angka membuat Indonesia mengoleksi enam poin dari dua pertandingan dan memimpin klasemen Grup B. Jumlah poin berselisih tiga dari Vietnam yang meraih kemenangan telak 8-1 di laga pertamanya di Grup B melawan Brunei.

Sementara bagi Filipina ini menjadi kekalahan kedua setelah sebelumnya ditekuk Brunei. Filipina pun harus puas tetap tanpa poin.

Indonesia berlaga lagi pada Senin (11/9), melawan Vietnam, yang akan lebih dulu bertemu dengan Filipina di laga keduanya pada Sabtu (9/9).

Susunan Pemain:

Indonesia: M. Riyandi (GK), Rifad Marasabessy, Rachmat Irianto (C), Nurhidayat Haji Haris, Samuel Christianson, Asnawi Mangkualam (Resky Fandi Witriawan 57′), Egy Maulana Vikri (Irsan Rahman Lestaluhu 46′), Syahrian Abimanyu, Feby Eka Putra, M. Iqbal, Hanis Saghara (M. Rafli 72′)

Filipina: Quincy Julian Boltron Kammeraad (GK), Lemark Sayson Unabla, Elljhone Clyde Binoluan Rasonable, Vince Eric Trembevilla Baito, Lean Panes Perez, Robert Lawrence Pajara Wilson, Kier John Pedroso Napilitano, Fidel Victor Palogan Tacardon (C), Mark Francis Baclia-An Mercenes, Marcel Ivan Arcenal Ouano, Mariano Jr. Mallari Suba

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *