Gilas Myanmar 7-1, Timnas U-19 Indonesia Peringkat Ketiga Piala AFF U-18

By on September 17, 2017

Timnas U-19 Indonesia melampiaskan kegagalan ke final Piala AFF U-18 2017 ke Myanmar. Di partai perebutan tempat ketiga, Indonesia menggilas Myanmar 7-1 di Stadion Thuwunna, Yangon, Minggu (17/9).

Timnas U-19 Indonesia/MFF

Laga ini dilakoni setelah Indonesia kalah dari Thailand di semifinal melalui babak tendangan penalti. Adapun Myanmar ditaklukan Malaysia, juga lewat penalti. Indonesia sudah pernah bertemu dengan Myanmar di Grup B dengan mencatatkan kemenangan 2-1.

Indonesia menang setelah lebih mengandalkan serangan balik untuk mencetak gol. Gol hampir diciptakan pada menit ke-13, namun bola sepakan Egy Maulana Vikri dihalau.

Skuad Garuda Nusantara baru membuat gol pada menit ke-14. Adalah Muhammad Rafli Mursalim yang membuka keunggulan sekaligus membuat Indonesia memimpin.

Gol lahir setelah Egy Maulana Vikri mendapat bola hasil umpan terobosan. Bola dibawa Egy yang kemudian memilih mengirimnya sebelum mudah diceploskan oleh Rafli Mursalim.

Indonesia mendapat ancaman pada menit ke-20, beruntung tak menjadi gol. Bola sepakan Lwin Moe Aung bisa ditangkap Aqil Savik. Indonesia tertekan Myanmar yang mencoba membalas.

Sementara itu bola sepakan Rafli Mursalim pada menit ke-25 diamankan Htet Wai Yan Soe.

Timnas U-19 Indonesia mencetak gol lagi pada menit ke-28. Bola umpan jauh diterima Witan Sulaeman, yang kemudian membawa bola menuju gawang Myanmar. Setelah melihat celah, Witan menendang bola yang kemudian melewati Htet Wai Yan Soe dan masuk.

Aqil Savik tak sempurna menangkap bola hasil tendangan bebas Myanmar, beruntung gol tak terjadi pada menit ke-32.

Indonesia unggul 3-0 setelah Egy Maulana Vikri mencetak gol hasil kerja sama tiga pemain. Lahirnya gol diawali aksi Rafli, yang kemudian melakukan umpan tarik ke Witan Sulaeman. Witan yang tak memiliki celah mencetak gol melakukan umpan lambung, di mana bola ditanduk Egy Maulana Vikri dan tak bisa dihalau.

Adapun pada menit ke-44, Aqil Savik melakukan penyelamatan. Ia menangkap bola tembakan Myat Kaung Khant, yang bermain dari bangku cadangan.

Tak lama kemudian, Aqil Savik melakukan kesalahan beruntung tak menggetarkan gawang Indonesia. Skor 3-0 untuk Indonesia menutup 45 menit pertama.

Timnas U-19 Indonesia memulai babak kedua dengan beberapa ancaman. Gawang Indonesia masih bersih salah satunya karena Aqil Savik.

Garuda Nusantara hampir unggul empat gol tanpa balas setelah bola umpan lambung coba dibuang bek Myanmar. Gol tak terjadi lantaran bola kena tiang.

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *