Indra Sjafri Soal Laga Kontra Kamboja dan Harapan Agar Timnas U-19 Tak Dituntut

By on October 3, 2017
indra-sjafri_festival-foot-espoirs-com Indra Sjafri/festival-foot-espoirs.com

Pelatih timnas U-19 Indonesia, Indra Sjafri, akan memimpin Egy Maulana Vikri dkk. melakoni laga uji coba melawan Kamboja di Stadion Patriot, Bekasi, Rabu (4/10). Laga uji coba ini merupakan yang pertama setelah tampil dan menjadi peringkat ketiga di Piala AFF U-18 2017.

Uji coba ini menjadi bagian persiapan menuju Kualifikasi Piala Asia U-19 2018, 24 Oktober-8 November 2017. Indonesia tergabung di Grup F bersama tuan rumah babak kualifikasi Korea Selatan, Malaysia, Timor Leste, dan Brunei Darussalam.

Indonesia akan membuka kiprah dengan menghadapi Brunei (31/10), sebelum bertemu Timor Leste (2/11), Korea Selatan (4/11), dan Malaysia (6/11).

Timnas U-19 Indonesia tetap lolos ke putaran final sekalipun gagal masuk dalam 10 juara grup dan lima runner-up terbaik. Ini mengingat Piala Asia U-19 2018 akan diselenggarakan di Indonesia.

“Manfaat uji coba ini untuk timnas U-19, tidak lain dan tidak bukan adalah mempersiapkan untuk menuju Piala Asia U-19, di mana Indonesia menjadi tuan rumah,” kata Indra Sjafri.

“Uji coba memang untuk membangun tim yang kuat, tapi hakikatnya tim usia muda merupakan tim untuk menyiapkan individu pemain yan berkualitas, dari hari ke hari dan mengimprovisasi agar lebih baik,” jelas Indra Sjafri.

Indra Sjafri menambahkan dan berharap anak asuh tak dituntut berlebihan karena hakikat yang dimaksud. “Tim ini untuk menyiapkan generasi baru sepak bola Indonesia.”

“Oleh sebab itu perlu proses dalam pembinaan pemain usia muda. Karena Indonesia sudah haus prestasi, sampai-sampai tim usia muda dituntut juara. Tidak salah, tapi saya ingin mencerahkan masyarakat, hakikat usia muda bagaimana menyiapkan generasi untuk timnas senior.”

“PSSI juga tidak pernah menekan. Kalau dituntut menang, saya mungkin tidak mau (jadi pelatih). Tapi karena saya satu visi, yakni menyiapkan generasi baru lewat pencarian bakat dan anak-anak baru,” tambahnya.

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *