Infantino: Sepak Bola Olahraga Global, Bukan Untuk Eropa dan Amerika Selatan Saja

By on January 11, 2017
gianni-infantino

Presiden FIFA, Gianni Infantino, menyebut keputusan untuk menambah jumlah peserta di Piala Dunia menjadi 48 tim merupakan langkah penting. Ia juga mengatakan jika sepak bola bukan hanya untuk benua Eropa dan Amerika Selatan saja.

Sebelumnya, wacana penambahan jumlah tim di Piala Dunia menuai pro dan kontra. Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) menjadi yang sangat vokal mengkritik kebijakan tersebut.

Bahkan Asosiasi Klub Eropa juga menolak dengan tegas gagasan tersebut karena dinilai merugikan. Mereka juga beranggapan jika ini menjadi alasan politik daripada olahraga.

Namun, Infantino menolak hal tersebut. Pria yang memiliki dua kewarganegaraan Italia dan Swiss tersebut menilai ini menjadi langkah penting karena Piala Dunia harus bisa dirasakan oleh banyak negara bukan hanya Eropa dan Amerika Selatan saja yang biasanya mendominasi.

“Bagi banyak negara itu menjadi kesempata lebih besar untuk tampil. Ini adalah turnamen besar yang ada satu bulan selama empat tahunan. Sebenarnya tidak ada perubahan besar, kecuali untuk format dan memberikan banyak kesempatan untuk negara lainnya berpartisipasi,” kata Infantino dilansir The Independent.

“Saya mengerti tanggapan kritis dari kebijakan ini tapi banyak juga yang mendukung. Sangat menyenangkan tentunya melihat para pemain di seluruh dunia memiliki kesempatan bermain di turnamen sekelas Piala Dunia. Kami tentu harus melihat sepak bola lebih dari sekedar Eropa dan Amerika Selatan, sepak bola olahraga global,” lanjutnya.

Rencananya penambahan jumlah tim akan dimulai di Piala Dunia 2026 mendatang. Dalam format baru tersebut akan terdiri dari 16 grup, setiap grup terdapat tiga tim, dua tim teratas akan lolos ke fase gugur di babak 32 besar.

About Aga Buge Katiara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *