Jakmania Tak Hadiri Jumpa Suporter di Kemenpora, Ini Penjelasan Bung Ferry

By on August 3, 2017
whatsapp-image-2017-03-14-at-4-40-23-pm-2

Suporter Persija Jakarta, The Jakmania memutuskan tak menghadiri pertemuan suporter di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Kamis (3/8). Keputusan ini seperti disampaikan Ketua Umum The Jakmania, Ferry Indrasjarief.

Ada sebab mengapa Jakmania memutuskan untuk tidak ikut serta. Meski menghargai acara itu karena kerukunan antar suporter memang perlu.

Sebab itu disampaikan oleh Ferry Indrasjarief dalam surat, yang dimunculkan akun Twitter The Jakmania.

Sejak awal, Bung Ferry, panggilan Ferry Indrasjarief tampak tak ingin perdamaian seperti dipaksakan oleh pihak lain. Itu pula yang membuatnya tak ingin melibatkan kepolisian seperti sebelumnya.

Ferry Indrasjarief melihat bahwa perdamaian lewat cara tersebut seperti hanya disuruh bertermu dan berdamai, namun tak menyeluruh dilakukan suporter.

Bung Ferry pun sebelumnya memutuskan jalan sendiri bertemu dengan petinggi suporter Persib di Bandung untuk lebih dulu membuka jalan damai dan terus menyebarkan virus perdamaian kepada pendukung Persija.

Ferry Indrasjarief juga menegaskan bahwa pihaknya akan tetap melakukan upaya-upaya perdamaian, salah satunya dengan melakukan sosialisasi ke arus bawah.

Berikut Surat/Pernyataan The Jakmania:

Kepada Yth

Seluruh elemen sepakbola Indonesia di tempat
Assalamualaikum, selamat pagi.
Sebelumnya saya mohon maaf sebesarnya kepada rekan-rekan semua karena tidak bisa mendampingi kalian padahal seyogyanya kami yang berada di Jakarta lebih pro aktif akan hal ini. Tapi kami baru mengetahui adanya kegiatan ini hari Senin kemarin melalui telpon dari Sdr Yayan.

Kerukunan antar suporter memang perlu dan kami sangat berterima kasih atas perhatian yang diberikan oleh pihak Kemenpora. Kami sendiri sedang merintis upaya damai antara kami dengan Viking Persib Club. Namun perkembangan belakangan ini, kami melihat seperti ada upaya untuk mempercepat proses perdamaian tanpa melihat kondisi internal baik di the Jakmania maupun Viking yang masih banyak pro kontra.

Oleh karena itu, pada Rapat Pengurus Selasa malam, kami menyatakan belum siap untuk menghadiri acara Jumpa Suporter. Kami tidak ingin terjadi kebingungan, perdebatan hingga perpecahan di kalangan anggota kami sendiri akibat pro kontra yang terjadi. Kami tetap menghormati anggota kami baik yang pro maupun kontra.

Kedepannya, the Jakmania tetap berkomitmen untuk melakukan upaya – upaya perdamaian dengan melakukan sosialisasi ke arus bawah karena mereka yang paling merasakan panasnya rivalitas ini.

Demikian penjelasan kami, semoga rekan-rekan semua dapat memahami. Kami tetap berharap bimbingan dari Kemenpora, PSSI dan rekan-rekan suporter semua agar sepakbola Indonesia bisa berjalan lancar dan menghasilkan Tim Nasional yang hebat.

Terima kasih
Assalamualaikum.
Ketua Umum the Jakmania
Ir. T. Ferry Indrasjarief

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *