Kembali ke Puncak Klasemen, Rene Alberts Berharap PSM Tidak Goyang

By on October 24, 2017
rene-alberts-gts Robert Rene Alberts/GTS

PSM Makassar merasakan kembali takhta klasemen sementara Liga 1 2017 yang hilang sejak akhir putaran pertama. Ini setelah PSM mengalahkan Persiba Balikpapan. Bermain di Stadion Andi Mattalatta,  Selasa (24/10), Juku Eja semakin membenamkan Beruang Madu dengan skor 3-1.

Ferdinand Sinaga memborong dua gol untuk kemenangan tim dari kota Daeng ini. masing-masing menit ke-60 dan 84.  Rezky Pellu membuka gol pertama di menit 14. Sementara satu gol Persiba Balikpapan disumbang oleh Lourival Junior de Lopes menit 57.

Bagi Ferdinand,  dua gol yang dicetak dilaga penting ini menambah koleksi golnya menjadi 11. Pemain bernomor punggung 3 di PSM ini menjadi top scoerer  sementara di skuat Pasukan Ramang.

Hal itu menunjukkan betapa pentingnya peran mantan pemain Persib Bandung dan timnas Indonesia di tim kebanggan masyarakat Sulawesi Selatan.

Secara keseluruhan PSM mendominasi jalannya pertandingan. Dukungan belasan ribu suporter yang memadati stadion tua peninggalan PON IV yang dibangun tahun 1957 itu membuat semangat Hamka Hamzah dan koleganya membumbung tinggi.

Persiba Balikpapan yang mencoba maksimal untuk keluar dari zona degradasi, tetap tidak mampu berbuat banyak. Ini menjadi kekalahan kedua secara beruntun  Iqbal Samad dan kawan-kawan di dua pekan terakhir. Pekan lalu anak asuh Hariyadi ini juga dipermalukan Barito Putra justeru di stadion kebanggaan mereka, Batakan di kota Balikpapan.

Kekalahan ini membuat tim Beruang Madu tetap tertahan di posisi 17 dengan poin 23.  Di atasnya, Semen Padang yang turun ke posisi 16 setelah dibenamkan oleh Persija Jakarta 2-0.

Tambahan tiga poin ini mendongkrak posisi PSM ke puncak klasemen dengan 61 poin. Untuk sementara menggeser Bhayangkara FC yang sejak pekan ke-23 memimpin klasemen sementara.  

Masih tersisa tiga pertandingan lagi yang harus dihadapi PSM untuk benar-benar mengamankan jalur juara. Itu pun jika semua disisa pertandingan  mampu diakhiri dengan sempurna dan Bhayangkara FC tergelincir di satu pertadingan.

Bagi pelatih PSM,  Robert Alberts kemenangan ini sangat berarti bagi skuat asuhannya. Namun pelatih asal Belanda ini mengaku sempat dibuat frustrasi saat PSM susah ungul 1-0 namun Hamka Hamzah dan kawan-kawan bermain lambat. ”Itu membuat mereka mampu mencetak gol,” ujar Robert pada jumpa media usai pertandingan.

Namun secara keseluruhan ia mengapresiasi perjuangan para pemainnya yang mampu memenangkan pertandingan ini. ”Sekarang kami kembali pimpin klasemen. Saya berharap ini bisa dipertahankan sampai akhir musim,” harap Robert.

Sementara itu pelatih Persiba Hariyadi mengaku pemainnya sudah berjuang maksimal. ”Inilah sepakbola. Kami sudah berjuang. Bahkan sempat menyamakan skor. Tapi PSM mampu mencetak dua gol lagi dan mereka akhirnya memenangkan pertandingan,” katanya.

Sumber: liga-indonesia.id

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *