Kerap Menjadi Masalah, Wasit Liga 1 Menerima Bayaran Tertinggi di Asia Tenggara

By on November 1, 2017
persela-wasit-madura-united-liga-indonesia-baru PT LIB

Sejauh ini kepemimpinan wasit masih menjadi salah satu akar permasalahan utama di persepakbolaan Indonesia, Namun PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) justru mengklaim jika wasit Liga 1 menerima bayaran tertinggi di Asia Tenggara. 

Hal itu disampaikan langsung oleh Direktur Operasional PT LIB, Tigor Shalom Boboy. Meski begitu, ia enggan untuk membocorkan berapa nominal yang diterima perangkat pertandingan pada tiap pekan.

“Kami tidak bisa beberkan. Tetapi yang bisa kami terangkan adalah bayaran untuk wasit kita paling tinggi untuk Asia Tenggara,” ujar Tigor.

Salah satu anggota Komite Wasit PSSI, Yesayas Leihitu, pernah membeberkan besaran gaji yang diterima wasit untuk Liga 1 musim ini. Menurutnya, para pengadil lapangan tersebut menerima sekitar Rp 5 juta per pertandingan sejak tahun 2007.

“Sejak saya masih bertugas sebagai wasit Divisi Utama 2007, bayaran wasit Rp 5 juta tiap pertandingan untuk kompetisi tertinggi dan itu sudah sampai beberapa tahun belum mengalami perubahan. Hal itu ditetapkan oleh PT Liga Indonesia sebagai operator kompetisi ketika itu,” jelas Yesayas.

Sementara untuk asisten wasit, masing-masing mereka menerima Rp 2,5 juta. Setiap event bervariasi pembayarannya, kalau pertandingan uji coba dan sebagainya itu diatur oleh panitia pelaksana.

About Adnan Abdul Ganni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *