Ketegangan Berpotensi Perang Bikin AFC Tunda Lagi Korea Utara vs Malaysia

By on September 28, 2017
afc-logo

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) kembali menunda pertandingan antara Korea Utara melawan Malaysia di Pyongyang, 5 Oktober, dalam Kualifikasi Piala Asia 2019. Ini merupakan kali ketiga AFC menunda pertemuan kedua tim.

Awalnya pertandingan itu dijadwalkan digelar 28 Maret. Laga urung digelar karena memanasnya hubungan Korea Utara dengan Malaysia pasca kematian Kim Jong-nam, kakak tiri Kim Jong-un di Kuala Lumpur pada 13 Februari.

Laga kemudian dijadwalkan digelar 8 Juni, namun kembali ditunda karena ketegangan di semenanjung Korea. AFC selanjutnya menjadwalkan pertandingan digelar 5 Oktober.

Keputusan untuk kembali menunda laga Korea Utara vs Malaysia dibuat AFC menyusul adanya kebijakan dari Kementerian Luar Negeri Malaysia.

Kemenlu Malaysia melarang warganya untuk pergi ke Korea Utara karena ketegangan yang masih terjadi dan makin meningkat menyusul uji senjata oleh Korea Utara dan respons dari Amerika Serikat dan sekutunya.

“Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) hari ini diberitahu oleh Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) bahwa Kementerian Luar Negeri Malaysia telah mengeluarkan larangan bepergian untuk warga negara Malaysia yang mengunjungi Korea Utara,” tulis AFC.

“Mengingat informasi ini, AFC telah menunda pertandingan final Piala AFC Asia Cup UEA 2019 antara Korea Utara dan Malaysia, yang dijadwalkan digelar di Pyongyang pada 5 Oktober 2017.”

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *