Klub Liga 1 Terancam Tak Bisa Tampil di Kompetisi AFC

By on October 12, 2017
afc-logo

Klub Liga 1 terancam tak bisa tampil di kompetisi AFC pada 2018. Ini akan benar-benar menjadi kenyataan apabila syarat untuk mendapatkan lisensi kompetisi AFC tak juga dipenuhi hingga akhir Oktober 2017.

Lisensi kompetisi AFC menjadi syarat utama klub Liga 1 tampil di AFC Cup di samping aspek keolahragaan. “Tahun lalu dan tahun ini, Indonesia mendapat slot play-off Liga Champion Asia dan dua slot tampil di AFC Cup 2018,” kata COO PT Liga Indonesia Baru yang juga Club Licensing Manager PSSI, Tigor Shalomboboy.

“Aspek lisensing. Akhir Oktober ini akan diumumkan siapa klub yang bisa tampil atau dapat lisensi. Kalau akhir Oktober tidak ada klub Indonesia yang mendapat lisensi, maka tidak ada wakil Indonesia di kompetisi AFC tahun depan,” terang Tigor Shalomboboy.

Per saat ini, klub-klub dilaporkan belum memenuhi syarat untuk mendapat lisensi atau lulus berkiprah di kompetisi AFC. Ini berdasarkan data-data yang telah dikumpulkan PSSI.

Klub diharapkan mengejar kekurangan apabila nantinya mendapat slot dan ingin tampil di kompetisi AFC, sebelum AFC mengumumkan di akhir Oktober 2017.

Adapun PT Liga Indonesia Baru diminta untuk terus mendampingi klub karena telah didelegasikan PSSI untuk membantu keperluan klub guna tampil di kompetisi AFC.

PSSI sendiri dilaporkan membangun komunikasi dengan AFC sekaligus meminta perpanjangan waktu pemenuhan syarat mendapat lisensi.

“Kita lihat nanti hasilnya seperti apa. Kami sudah menyampaikan satu tahun sebelumnya. Kalau tidak menyadari hal ini, saya tidak tahu mau bicara apalagi,” terang Tigor Shalomboboy.

“Kalau tidak terpenuhi, sama seperti tahun lalu, slot akan diberi ke klub negara lain. Pendaftaran terakhir untuk kompetisi AFC pada 15 November, sementara Liga 1 berakhir 12 November artinya hanya ada waktu tiga hari,” tambahnya.

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *