Komdis AFC Hukum PSSI Denda 217 Juta karena Suporter di SEA Games 2017

By on October 31, 2017
afc-logo

Komisi Disiplin (Komdis) AFC menjatuhkan hukuman kepada PSSI berupa denda sebesar 16 ribu dolar AS atau sekitar 217 juta rupiah. Ini lantaran ulah suporter ketika laga SEA Games 2017 antara timnas U-22 Indonesia kontra Kamboja pada 24 Agustus.

Hukuman berupa denda dijatuhkan karena suporter melemparkan 50-60 botol air ke lapangan. Selain itu karena suporter menuju terowongan setelah laga. Satu diantaranya menyerbu atau masuk ke lapangan.

“Federasi Sepak Bola Indonesia diperintahkan membayar denda sebesar 16.000 dolar AS karena melanggar Pasal 65.1 Kode Disiplin dan Etik AFC,” tulis AFC.

Hukuman diputuskan pada 27 Oktober. PSSI diharukan menyelesaikannya dalam waktu 30 hari sejak keputusan dikomunikasikan sesuai Pasal 11.3 Kode Etik.

“Federasi Sepak Bola Indonesia diberitahu bahwa pengulangan pelanggaran terhadap ketentuan ini akan mendapat hukuman yang lebih berat.”

Selain hukuman ke PSSI, Komdis AFC juga menjatuhkan hukuman ke Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM). Diantaranya karena ulah suporter yang melemparkan botol air, bom suara, chant diskriminasi berupa hinaan ke timnas Brunei dan Singapura.

Komdis AFC juga menghukum sejumlah Federasi Sepak Bola negara lain, klub, pelatih, pemain dalam 44 keputusan yang dikeluarkan.

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *