Kontra Brunei Penentu Nasib Timnas U-19 Indonesia, Ini Kata Indra Sjafri

By on September 12, 2017
indra-sjafri_mff

Timnas U-19 Indonesia akan menutup kiprah di penyisihan Grup B Piala AFF U-18 2017 dengan menghadapi Brunei Darussalam di Stadion Thuwunna, Yangon, Rabu (13/9) sore. Ini menjadi laga penentu untuk skuad Garuda Nusantara.

Berbagai syarat harus dipenuhi Indonesia untuk bisa lolos ke semifinal. Hanya saja lolosnya Indonesia akan dipengaruhi laga lain yang mempertemukan tuan rumah Myanmar kontra Vietnam, Rabu (13/9) malam.

Timnas U-19 Indonesia akan lolos sebagai juara Grup B jika menang dengan skor selisih 8 (8-0) atas Brunei, sementara Myanmar hanya menang tipis selisih 1 gol (1-0). Jika Myanmar menang dengan selisih 2 gol (2-0 atau 3-1), Indonesia harus menang dengan selisih 9 gol (9-0 atau 10-1).

Hal ini akan membuat Indonesia mengoleksi sembilan poin dengan catatan selisih gol plus 15 (dengan kemenangan selisih 8) atau plus 16 (dengan kemenangan selisih 9 gol), sementara Myanmar mengumpulkan 9 poin dengan catatan selisih gol plus 14 (dengan kemenangan selisih 1) atau plus 15 (dengan kemenangan selisih 2).

Indonesia juga akan melenggang apabila menang dengan skor berapapun atas Brunei, sementara Myanmar kalah atau seri melawan Vietnam. Apabila demikian, Indonesia menjadi runner-up dengan 9 poin menemani Vietnam ke semifinal. Adapun Myanmar tetap 6 poin (jika kalah) atau 7 poin (apabila seri)

Selain itu menang dengan skor selisih di bawah delapan gol seperti berselisih 7 gol (7-0 atau 8-1), sementara Myanmar menang dengan selisih 2 gol (2-0 atau 3-1) atas Vietnam. Atau menang selisih 6 gol (6-0 atau 7-1) atas Brunei, sementara Myanmar menang selisih 3 gol (3-0 atau 4-1) dan seterusnya. Apabila demikian, Indonesia menjadi runner-up karena unggul selisih gol dari Vietnam yang tetap dengan 9 poin, menemani Myanmar.

Hasil seri kontra Brunei juga bisa membuat Rachmat Irianto dkk. lolos, hanya saja Myanmar harus kalah dari Vietnam. Apabila demikian, Indonesia mengumpulkan 7 poin, sementara Myanmar tetap dengan 6 poin, adapun Vietnam sempurna dengan 12 poin.

Lolosnya tim ke semifinal juga bisa diputuskan dengan cara lain. Itu jika Indonesia menang 7-0 atas Brunei, sementara Myanmar menang 1-0 atas Vietnam. Apabila demikian, Indonesia, Vietnam, dan Myanmar sama-sama mengoleksi 9 poin dengan catatan selisih gol plus 14.

Posisi akhir di Grup B akan diputuskan melalui jumlah gol yang dicetak di seluruh laga Grup B, kemudian head to head antara tim bersangkutan, penalti apabila tim bersangkutan masih di lapangan bermain, kriteria fairplay (kartu kuning dan merah yang diterima), dan undian.

“Kami fokus menghadapi laga melawan Brunei. Hari ini (Selasa), kami jalani latihan ringan saja di halaman hotel untuk menjaga kondisi anak-anak,” kata Indra Sjafri.

“Brunei tim yang tidak boleh dianggap enteng meski sudah tidak ada peluang lolos. Kami wajib menang agar dapat lolos ke semifinal. Kami juga menunggu laga Vietnam melawan Myanmar setelah laga kami.”

Indra Sjafri menambahkan bahwa, “pemain sudah melupakan kekalahan (0-3) melawan Vietnam sebelumnya. Saat ini kami juga sudah lakukan evaluasi dan perbaiki kelemahan dan kekurangan yang ada. Mohon doa dan dukungannya agar kami bisa lolos semifinal dan menjadi Juara Piala AFF tahun ini”.

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *