La Masia Mulai Jarang Produksi Pemain, Xavi: Barcelona Sedang Tidur

By on July 20, 2017
xavi-hernandez

Legenda Barcelona, Xavi Hernandez, mengkritik sikap manajemen Blaugrana yang sekarang. Menurutnya jajaran manajemen tim Catalan seperti tertidur karena mulai jarangnya para pemain dari La Masia yang menembus tim utama.

Barcelona di era Pep Guardiola pada periode 2008-2012 lalu memang menjadi tim yang sangat menakutkan di dunia. Hebatnya, penampilan luar biasa mereka tercipta dari pemain akedemi sendiri yang terdiri dari Xavi, Andres Iniesta, Lionel Messi, Carles Puyol, Victor Valdes, serta Sergio Busquets.

Namun, kini hal itu tak terjadi lagi di mana manajemen lebih suka mendatangkan pemain asing. Dan parahnya mereka kini hobi melepas pemain muda kemudian membelinya kembali dengan harga cukup mahal. Seperti dalam kasus Denis Suarez dan Gerard Deulofeu.

Hal ini pun mendapatkan kritik keras dari mantan pemain mereka, Xavi Hernandez. Menurut pemain yang kini merumput di Qatar manajemen Barcelona sekarang seperti tertidur karena melupakan akademi mereka.

“Secara umum Barcelona telah tertidur. Mereka seharusnya meningkatkan pemain dari akademi dan cara bermain mereka. Pemain muda harus belajar bagaimana Barcelona bermain. Jadi ketika tiba di tim utama mereka sudah memilikin konsep yang dipelajari dengan benar,” kata Xavi dikutip ESPN.

“Pelatih di tim muda harus membentuk pemain. Mereka harus mengajari mereka. Anda harus membentuknya dari usia muda. Ketika di tim muda kemenangan bukanlah segalanya karena mental dan karakter lebih penting, tapi jika bisa memenangi sebuah pertandingan itu jauh lebih baik,” sambungnya.

About Aga Buge Katiara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *