Lawan Timnas U-19 Indonesia Juga Diperkuat Pemain Valencia Incaran Real Madrid

By on September 29, 2017
lee-kang-in-spotgol Lee Kang-in/Spotgol

Salah satu lawan timnas U-19 Indonesia di Grup F babak Kualifikasi Piala Asia U-19 2018, Korea Selatan juga diperkuat pemain Valencia CF di samping penggawa Bayern Muenchen Jeong Woo-yeong.

Pemain yang dimaksud adalah Lee Kang-in. Gelandang kelahiran Februari 2001 sudah bergabung ke Valencia sejak 2011.

Lee Kang-in mengawali karier di Valencia dengan memperkuat tim akademi, Infantil A. Ia menjadi salah satu pemain yang paling menjanjikan sebelum bergabung ke Valencia Juvenil B.

Selama di Juvenil B, Lee Kang-in juga menawan. Ia sempat ditaksir oleh Manchester City di samping Nabil Touizi, pemain Valencia lain. Namun karena usianya belum memenuhi syarat untuk ditransfer, Manchester City hanya mengambil Nabil pada Januari 2017.

Belakangan Real Madrid dilaporkan juga tertarik untuk merekrut Lee Kang-in saat usianya 16 tahun. Pada awal Februari, tim top Spanyol itu bahkan dilaporkan membuka pembicaraan dengan Valencia untuk memindahkan pemain berprospek baik itu.

Real Madrid dilaporkan sudah mengirimkan proposal dan disebut-sebut bakal membayar uang kompensasi sebesar 100 ribu euro atau sekitar 1,5 miliar rupiah. Namun Lee Kang-in dipastikan tetap bertahan.

Media Spanyol, Superdeporte menjelaskan bahwa Lee Kang-in sebelumnya dinobatkan sebagai pemain terbaik ajang Cotif. Superdeporte juga menjuluki Lee Kang-in sebagai Si Macan Asia dan berlian yang ingin dijaga Valencia.

“Pemain Valencia merupakan sebuah komitmen kuat Federasi Sepak Bola Korea Selatan. Tujuan jangka panjang agar ia menjadi bagian tim Olimpiade yang akan bertarung di Tokyo pada 2020,” tulis Superdeporte.

Lee Kang-in mengikuti persiapan timnas U-19 Korea Selatan di Spanyol. Ia diperkirakan akan kembali ke Valencia sebelum bergabung kembali sebelum Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 digelar.

Timnas U-19 Korea Selatan yang berstatus sebagai tuan rumah Grup F akan membuka kiprah di babak Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 dengan menghadapi Brunei Darussalam, 2 November.

Timnas U-19 Indonesia asuhan Indra Sjafri, yang sebelumnya menyandang predikat peringkat ketiga Piala AFF U-18 2017 menjadi lawan kedua pada 4 November, atau sebelum bertemu Timor Leste pada 6 November dan Malaysia pada 8 November.

Sementara itu, timnas U-19 Indonesia lolos otomatis ke putaran final Piala Asia U-19 2018 kendati ikut kualifikasi. Ini mengingat Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah.

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *