Liga 1 Putaran Kedua Libatkan Wasit Asing

By on July 18, 2017
persela-wasit-madura-united-liga-indonesia-baru Istimewa

Liga 1 2017 putaran kedua akan sedikit berbeda. Hal ini tak lepas dari keputusan menggunakan wasit asing di dalam pertandingan.

Penggunaan wasit asing seperti disampaikan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Berlinton Siahaan, Selasa (18/7). Keputusan itu dibuat menyusul adanya persoalan terkait pengadil di lapangan.

Di putaran pertama, klub-klub peserta kerap mengeluh. Tak jarang juga sampai melaporkan kepemimpinan wasit, yang dinilai kurang tepat saat memimpin laga.

“Setelah evaluasi dan sebentar lagi putaran pertama selesai, PT LIB menetapkan memakai wasit asing mulai putaran kedua,” kata Berlinton Siahaan.

Hanya saja, PT LIB tetap akan melibatkan wasit lokal. Wasit asing dijelaskan bekerja di 50 persen dari total pertandingan setiap pekan.

Ketika memimpin pertandingan, wasit asing akan ditemani wasit lokal sebagai asisten di lapangan.

Pengunaan wasit asing diharapkan bisa meningkatkan mutu dan kualitas pertandingan. “Ada mesin yang akan menentukan (penugasan wasit asing). Tentu beberapa pertandingan yang tensinya tinggi, ada pertimbangan memakai wasit asing,” jelas CEO PT LIB, Risha Adi Widjaya.

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *