Lolos ke Piala Dunia Untuk Pertama Kali, Panama Tetapkan Sebagai Hari Libur Nasional

By on October 11, 2017
panama

Panama untuk pertama kalinya sepanjang sejarah akan tampil di Piala Dunia yang digelar di Rusia 2018 mendatang. Untuk itu, sang Presiden, Juan Carlos Varela, mengumumkan hari libur nasional bagi seluruh warga negaranya untuk merayakan momen bersejarah ini.

Panama secara mengejutkan memang mampu mendapatkan tiket ke putaran final Piala Dunia usai mengalahkan Kosta Rika di laga terakhir kualifikasi zona CONCACAF, Rabu (11/10) pagi WIB. Di laga tersebut Panama berhasil menang dengan skor tipis 2-1 berkat gol dari Gabriel Torres dan Roman Torres.

Di saat yang bersamaan, Amerika Serikat yang tadinya difavoritkan untuk lolos secara mengejutkan kalah dari Trinidad & Tobago yang membuat anak asuh Bruce Arena gagal lolos ke Rusia. Panama pun akhirnya mengakhiri kualifikasi di urutan ketiga sedangkan Honduras di tempat keempat dan menempub jalur play off.

Usai memastikan satu tempat di Rusia, Presiden Panama, Juan Carlos Varela langsung merayakan kesuksesan negaranya dengan menetapkan hari libur nasional pada Rabu 11 Oktober. Hal itu ia sampaikan melalui jejaring sosial twitter miliknya seperti dikutip Soccerway.

“Suara orang-orang telah didengar, rayakan hari bersejarah ini untuk Panama. Besok (Rabu) adalah hari libur nasional,” tulis Varela.

“Ini hari bersejarah bagi negara ini. Besok hari yang bebas bagi pekerja sektor publik dan swasta. Ini juga berlaku bagi sekolah negeri dan swasta untuk merayakan momen ini bersama keluarga”.

About Aga Buge Katiara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *