Menteri Olahraga Se-ASEAN Bahas Rencana Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

By on October 12, 2017
ilustrasi-piala-dunia

Menteri Olahraga se-ASEAN mendukung rencana negara Asia Tenggara untuk maju menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Hal ini seperti disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Olahraga Thailand, Kobkarn Wattanavrangkul.

Dukungan tampak dalam 4th ASEAN Ministerial Meeting on Sports (AMMS-4) di Nay Pyi Taw, Myanmar pada 11 Oktober 2017. Pertemuan tingkat menteri itu dipimpin oleh Menteri Kesehatan dan Olahraga Myanmar, Myint Htwe.

“Kobkarn mengatakan bahwa menteri ASEAN telah menyetujui upaya Asia Tenggara menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 dalam sebuah pertemuan tingkat menteri regional di Myanmar pekan ini,” tulis Bangkok Post.

Usai pertemuan itu, Menteri Olahraga se-ASEAN mengeluarkan pernyataan bersama seperti dalam poin kelima. “Kami menyambut baik kemajuan yang dicapai dalam studi dan dukungan negara-negara anggota ASEAN untuk negara anggota yang mengajukan tawaran menyelenggarakan Piala Dunia 2034.”

“Dalam hal ini, kami mencatat bahwa setiap negara anggota ASEAN yang berminat perlu berkonsultasi lebih jauh dengan Federasi Sepak Bola mereka dan langkah selanjutnya ke Federasi Sepak Bola ASEAN.”

Pertemuan itu juga membicarakan peningkatan kerja sama olahraga, SEA Games 2017 di Malaysia, persiapan Indonesia untuk Asian Games 2018, dukungan untuk Konfederasi Catur ASEAN, Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF).

Sejauh ini, baru Indonesia dan Thailand melalui federasi sepak bolanya, PSSI dan FAT yang menyatakan akan maju untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034.

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *