Menurut Luis Milla, Ini Harus Dilakukan Agar Indonesia Raih Emas atau Juara

By on August 30, 2017
luis-milla-pssi Luis Milla/PSSI

Pelatih timnas U-22 dan senior Indonesia, Luis Milla, menyebut bahwa beberapa hal perlu dilakukan agar Indonesia bisa mengakhiri puasa meraih emas di SEA Games. Hal ini disampaikan setelah Indonesia kembali gagal meraih emas.

Indonesia harus puas membawa pulang medali perunggu setelah mengalahkan Myanmar 3-1 di Stadion Selayang, Selasa (29/8). Medali emas kembali didapat Thailand, adapun perak diperoleh tuan rumah Malaysia.

Indonesia terakhir meraih medali emas pada 1991 atau 26 tahun lalu. Setelah itu, Indonesia meraih perak di tiga edisi dan perunggu di dua edisi termasuk pada 2017.

“Menurut saya, kita harus membahas lagi untuk mendapat emas. Kita harus melakukan analisis yang panjang,” kata Luis Milla.

Perbaikan dan peningkatan kompetisi serta fasilitas sepak bola disebut Luis Milla harus dilakukan.

“Bisa saya katakan, yang harus diperbaiki, salah satunya Indonesia harus punya dasar sepak bola. Artinya kompetisi, untuk anak-anak dan usia muda.”

“Kemudian tempat bermain. Infrastruktur harus ditingkatkan dan diperbaiki. Dua hal ini saya pikir butuh waktu dan tidak bisa instan,” jelas Luis Milla.

Selain itu, Luis Milla mengatakan, “kurikulum juga harus ada supaya ide dan cara bermain bisa diaplikasikan ke anak-anak muda”.

“Tujuan kami (di SEA Games 2017) adalah emas, tapi kami terhenti. Sebetulnya ketika bertandingan melawan Malaysia, kami sudah dekat ke emas,” ujar eks pemain Barcelona, Real Madrid, dan Valencia yang pernah menangani timnas usia muda Spanyol itu.

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *