Nasib Barcelona Terancam Usai Catalonia Nyatakan Merdeka, Valverde Tolak Berkomentar

By on October 28, 2017
valverde

Entrenador Barcelona, Ernesto Valverde, menolak membicarakan masalah kemerdekaan Catalonia dari Spanyol yang diumumkan pada Jumat (27/10). Ia mengaku ingin fokus pada aspek olahraga dan pertandingan kontra Athletic Bilbao di jornada ke-10 pada Minggu (29/10) dini hari WIB.

Anggota parlemen Catalonia secara resmi mengumumkan jika mereka telah memisahkan diri dari Spanyol pada Jumat (27/10). Hal itu setelah menghitung jumlah voting masyarakat Catalan yang mencapai 70 persen menyatakan ingin merdeka.

Hal ini pun membuat klub dari wilayah Catalonia, seperti Barcelona, Espanyol, dan Girona yang kini bermain di La Liga terancam dicoret. Karena Presiden La Liga, Javier Tebas sebelumnya dengan tegas menyatakan jika Catalonia merdeka maka klub dari wilayah tersebut tidak diperbolehkan bermain di La Liga.

Ketika ditanya mengenai hal ini kepada Valverde, ia pun langsung dengan tegas menolak membicarakan masalah politik. Ia lebih tertarik membahas aspek olahraga apalagi Blaugrana akan menghadapi laga sulit di markas Bilbao.

“Ini adalah hari yang sibuk untuk masyarakat di sini. Setiap orang punya tanggung jawab mereka. Tanggung jawab saya adalah membawa tim saya menang. Barcelona tidak bermain di La Liga? Ini masih asumsi awal, saya selalu mengikuti apa yang terjadi di sini,” kata Valverde dilansir fcbarcelona.com.

“Saya jelas punya pendapat tapi hal itu lebih baik untuk saya sendiri. Saya ingin fokus pada olahraga. Satu-satunya yang saya tahu bahwa kami akan bertanding menghadapi Bilbao dan kami akan coba memenangi laga tersebut,” tambahnya.

About Aga Buge Katiara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *