Pemain Bintang yang Pernah Berseragam Man. United dan Arsenal

By on November 14, 2016

Arsenal akan menghadapi laga berat saat berjumpa Manchester United di Old Trafford, Sabtu (19/11). Kali ini SportSatu akan menyajikan pemain bintang yang pernah memperkuat kedua klub besar itu di era Premier League.

Arsenal akan bertamu ke Old Trafford, markas Manchester United, pada laga lanjutan Premier League 2016/2017. Ini merupakan salah satu laga terbesar yang ada di sejarah Liga Inggris mengingat kedua tim sangat dominan di daratan Inggris.

Keduanya merupakan dua klub yang memiliki prestasi memukau di Inggris. Dua klub yang mengusung warna merah sebagai warna kebesaran ini juga kerap kali mendidik pemain hingga menjadi pemain bintang.

Tidak jarang jika ada beberapa pemain bintang yang pernah memperkuat Arsenal dan Manchester United semasa kariernya. Terlebih sepak bola di masa modern seperti sekarang, uang berperan sangat penting dan ketimbang loyalitas untuk sebuah klub.

Kini SportSatu akan memberikan lima pemain bintang yang pernah berseragam Arsenal dan Manchester United di era Premier League. Berikut ini adalah daftarnya.

1. Danny Welbeck

Danny Welbeck merupakan salah satu pemain lulusan akademi Manchester United. Ia bermain untuk tim senior The Red Devils sejak 2008 hingga ia hengkang pada 2014. Namun ia pernah melalui masa peminjaman ke Preston North End pada 2010 dan Sunderland 2011.

Pada musim panas 2014, ia memilih untuk meninggalkan klub yang sangat berarti dalam kariernya itu dan bergabung dengan Arsenal. Saat ia meninggalkan Old Trafford, The Red Devils telah kehilangan pemain asli Manchester United yang terakhir.


2. Robin van Persie

Tampil memukau bersama Feyenoord sejak 2001 membuat manajer Arsenal, Arsene Wenger memboyong Robin van Persie pada musim panas 2004. Pilihannya pun tepat untuk mendatangkan penyerang kelahiran Belanda tersebut.

Sukses menjadi winger di Arsenal, Wenger pun mencoba untuk menjadikan Van Persie di posisi striker, ternyata berhasil dan membuatnya semakin dicintai para pendukung The Gunners. Namun ia pun memilih untuk meninggalkan Emirates Stadium pada 2012 dan bergabung ke Manchester United dengan dalih ingin memenangi trofi Premier League.

Ia pun berhasil memenangi trofi Premier League di musim perdananya sekaligus memberikan gelar ke-20 untuk Manchester United. Tidak semuanya berjalan mulus, tiga tahun bermain untuk The Red Devils, ia pun memilih untuk hengkang dan memperkuat Fenerbahce.


3. Mikael Silvestre

Mikael Silvestre didatangkan oleh Manchester United dari salah satu klub Serie A, Inter Milan. Sejak kedatangannya, ia pun menjadi andalan di lini belakang The Red Devils. Selama berseragam Manchester United, ia bermain 249 laga dan mencetak enam gol.

Pada 2008, ia pun hengkang ke salah satu rival Manchester United, Arsenal. Namun ia gagal memberikan performa terbaiknya bersama The Gunners dan hengkang dari Emirates Stadium pada 2010.


4. Andy Cole

Tidak banyak yang mengetahui bahwa Andy Cole sempat bermain untuk Arsenal. Ia merupakan salah satu pemain didikan akademi The Gunners. Pada 1989 ia dipromosikan ke tim utama karena dinilai sudah pantas untuk bermain di skuad senior Arsenal.

Namun hingga 1992, Cole hanya bermain satu kali bersama Arsenal. Sebelum memperkuat Manchester United, ia pernah beberapa kali berpindah tim seperti Bristol City dan Newcastle United. Akhirnya pada 1995, ia bergabung dengan The Red Devils dan bermain sebanyak 195 laga dan mencetak 93 gol hingga 2001.


5. David Platt

Sebagai catatan, David Platt tidak pernah memperkuat skuad utama Manchester United. Namun ia merupakan salah  satu lulusan akademi The Red Devils pada 1982 hingga 1985.

Mantan pemain yang berposisi sebagai gelandang ini sempat melanglang-buana memperkuat Crewe Alexandra, Aston Vila, AS Bari, Juventus, dan Sampdoria sebelum memperkuat Arsenal pada 1995. Ia bermain sebanyak 88 pertandingan dan mencetak 13 gol bersama The Gunners.

About Adnan Abdul Ganni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *