Pemerintah Thailand Hati-Hati Dukung Tawaran untuk Piala Dunia 2034

By on October 10, 2017
ilustrasi-piala-dunia

Pemerintah Thailand masih menahan diri untuk memberikan dukungan kepada Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) yang ingin Thailand maju bersama dengan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Sikap ini ditunjuk karena adanya kekhawatiran berpengaruh kepada ekonomi negara.

Hal ini seperti disampaikan menteri pariwisata dan olahraga Thailand, Kobkarn Wattanavarangul.

Ekonomi bisa berpengaruh lantaran Thailand harus mengeluarkan anggaran untuk berinvestasi seperti membangun atau memperbaiki sejumlah stadion dengan melibatkan sektor swasta.

Kekhawatiran pun membuat pemerintah Thailand ingin memperhatikan segala hal lebih dulu dengan sangat hati-hati.

“Secara pribadi saya menyukai rencana ini dan saya pikir ide yang bagus untuk Thailand. Tapi Piala Dunia berarti investasi besar dan memerlukan anggaran besar sehingga segala sesuatnya perlu diperhatikan dengan sangat hati-hati,” katanya kepada Voice TV dikutip dari Samui Times.

Kobkarn Wattanavarangul menjelaskan bahwa beberapa negara yang menyelenggarakan Piala Dunia mengalami penurunan ekonomi.

“Apa yang terjadi setelah turnamen juga penting karena Piala Dunia telah membuat ekonomi beberapa negara turun sehingga semuanya harus dicek secara rinci,” tambahnya.

Ia lebih menyarankan FAT untuk memperbaiki sepak bola Thailand. Itu dianggap lebih penting dibanding mengajukan diri bersama Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

“Meningkatkan permainan sepak bola Thailand lebih penting daripada menjadi tuan rumah acara tersebut. Sebaliknya berpikir bagaimana mendorong tim Thailand ke tempat lebih tinggi. Kita semua suka sepak bola, tapi ada olahraga lain seperti thai boxing, takraw, dan olahraga lain. Mereka juga penting,” ujarnya dikutip dari Thai PBS.

Ini merespons apa yang diumumkan di Bali pada 23 September dalam rapat Dewan AFF, di mana Indonesia dan Thailand akan maju untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034.

Pasca pengumuman tersebut, Presiden FAT Somyot Poompanmoung membenarkan dan menyatakan keyakinan akan ada anggaran untuk membangun stadion serta fasilitas sesuai kriteria yang ditetapkan oleh FIFA. Ia juga yakin menjadi tuan rumah akan meningkatkan ekonomi Thailand.

Adapun Indonesia mendapat dukungan langsung dari Presiden Joko Widodo seperti dijelaskan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki. Dukungan diberikan melalui Mensesneg.

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *