Pernyataan Resmi Panpel SEA Games 2017 Soal Bendera Indonesia yang Tak Sesuai

By on August 20, 2017
pembukaan-sea-games-twitter-kuala-lumpur-2017 Twitter Kuala Lumpur 2017

Panitia Pelaksana (Panpel) SEA Games 2017, Masoc, menyampaikan pernyataan resminya. Ini berkaitan dengan pemasangan gambar bendera Indonesia di dalam buku panduan sebagai souvenir pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil, Sabtu (19/8).

Dalam buku tersebut, bendera Indonesia ditampilkan berwarna putih-merah, dari seharusnya merah-putih. Hal ini diketahui setelah Menpora Imam Nahrawi berkicau.

Imam Nahrawi tampak kesal dan mengungkapkan lewat akun media sosial, seperti Twitter. Hal ini kemudian menjadi ramai dibicarakan.

Imam Nahrawi menjelaskan bahwa pembukaan SEA Games 2017 sebetulnya bagus. Namun ternoda karena keteledoran fatal, yang dirasa amat menyakitkan karena bendera Indonesia ditampilkan dengan warna terbalik.

“Kami merujuk pada buku cenderamata khas Kuala Lumpur yang diedarkan untuk upacara pembukaan SEA Games ke-29. Kami ingin memohon maaf kepada rakyat Indonesia atas kesalahan yang tidak disengaja dalam mencetak bendera Indonesia di buku cenderamata tersebut,” tulis Masoc.

“Ketua Panitia Pelaksana SEA Games Malaysia dan Menteri Pemuda dan Olahraga Khairy Jamaluddin akan melakukan kunjungan kehormatan ke rekan dari Indonesia Imam Nahrawi, besok (Minggu) untuk meminta maaf lagi atas nama Masoc.”

“Kesalahan ini amat disesali dan kami percaya hubungan erat di antara dua negara akan lebih dikuatkan di bawah semangat SEA Games,” sambung pernyataan Masoc.

 

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *