Persib Bisa Dinyatakan Mundur dari Liga 1 dengan Konsekuensi Besar?

By on November 3, 2017
whatsapp-image-2017-04-10-at-2-49-39-pm

Persib Bandung bisa dianggap dan dinyatakan mundur dari Liga 1 2017. Ini apabila benar-benar menolak melanjutkan pertandingan saat dijamu Persija Jakarta di Stadion Manahan, Solo, Jumat (3/11).

Persib memilih menepi dan seakan enggan melanjutkan pertandingan. Sikap itu ditunjukkan setelah Vladimir Vujovic dikartu merah wasit asal Australia, Evans Shaun Robert pada menit ke-83. Kartu merah dikeluarkan setelah Vujovic melakukan protes keras usai mendapat kartu kuning.

Wasit akhirnya memutuskan menyelesaikan pertandingan lantaran Persib masih berada di pinggir lapangan. Keputusan dibuat dalam posisi Persija unggul 1-0 lewat gol Bruno Lopes dari titik putih pada menit ke-77.

Sikap ini seperti akumulasi kekecewaan terhadap wasit. Sebelumnya, gol Persib yang dibuat Ezechiel N’Douassel tak disahkan pada menit ke-28.

“Saya bicara jujur dan jelas. Kalau kalah dengan murni, tidak masalah. Kalian bisa lihat dan semua mengirim pesan ke saya,” kata Umuh Muchtar usai pertandingan.

“Percuma diteruskan. Baru sekali langsung diberi penalti, sementara yang sudah 100 persen tidak disahkan,” kata Umuh Muchtar.

Apabila dianggap dan dinyatakan demikian, Persib menerima konsekuensi. Yang lebih parah harus terdegradasi karena seluruh pertandingan yang telah dijalankan dibatalkan dan dinyatakan tidak sah.

Persib juga harus membayar biaya kompensasi terhadap kerusakan atau kerugian yang timbul dan dialami klub lain, LIB, sponsor, televisi, dan pihak terkait lain. Nilai kompensasi akan ditetapkan LIB.

Skuad Maung Bandung juga harus mengembalikan seluruh subsidi yang telah diterima. Ketentuan ini baru tidak berlaku untuk keadaan force majeure atau tidak terduga seperti bencana alam.

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *