Persiba Tidak Bisa Lagi Pakai Stadion Parikesit Sebagai Kandang

By on August 11, 2017
stadion-persiba-istimewa Stadion Parikesit/Istimewa

Persiba Balikpapan tak lagi bisa menggunakan Stadion Parikesit, Balikpapan. Hal ini lantaran Stadion Parikesit akan segera dibongkar pemiliknya untuk keperluan pengembangan kilang Balikpapan.

Persiba sebetulnya sudah memiliki markas baru yaitu Stadion Batakan, yang disediakan oleh Pemerintah Kota Balikpapan. Stadion itu tampak sudah siap pakai meski harus ada beberapa peningkatan lagi.

“Tanpa mengurangi dukungan Pertamina Balikpapan kepada Persiba, kami meminta Persiba untuk mengosongkan lapangan Parikesit paling lambat tanggal 10 Agustus 2017 karena kami tidak dapat lagi menunda penggunaan lapangan Parikesit,” kata Area Manager Communication and Relations Pertamina Kalimantan, Alicia Irzanova.

“Kami yakin pengurus Persiba sudah mengantisipasi hal ini karena di surat Perjanjian yang ditandatangani kedua pihak sudah dinyatakan bahwa sewaktu-waktu Pertamina akan menggunakan atau membongkar Stadion Parikesit, Persiba akan segera meninggalkan lapangan tersebut.” tambahnya.

“Dalam surat-surat permohonan peminjaman pun Persiba selalu menyebutkan bahwa pihaknya memahami bahwa Pengembangan kilang adalah proyek strategis nasional yang menyangkut pemenuhan kebutuhan energi nasional.” lanjut Alicia

Persiba seharusnya tidak bisa menggunakan Stadion Parikesit lagi sejak awal 2017. Itu sesuai dengan waktu yang diberikan Pertamina.

Kondisi Stadion Parikesit sebenarnya juga sudah tidak layak untuk mengadakan pertandingan. Pemain lawan yang pernah dijamu di Stadion Parikesit juga sempat mengatakan bahwa lapangan sebetulnya sudah tidak pas digunakan.

Sebelum kembali ke Stadion Parikesit, Persiba sempat bermarkas di Stadion Gajayana, Malang karena markas baru yakni Stadion Batakan belum diresmikan.

Persiba kembali meminjam Stadion Parikesit dari Pertamina dengan kesepakatan peminjaman sampai dengan 30 Juni 2017. Peminjaman Stadion Parikesit sebenarnya cukup berisiko karena di dalam kesepakatan yang ditandatangain oleh Ketua Umum Persiba, H.Syahril HM Taher, disebutkan bahwa apabila sewaktu-waktu Pertamina akan membongkar lapangan Parikesit, Persiba bersedia untuk meninggalkan lapangan tersebut.

Lewat dari tanggal perjanjian, Persiba tidak juga meninggalkan lapangan Parikesit. Tanpa izin tertulis dari pemilik, lapangan tersebut digunakan untuk menjamu dua lawannya di Liga 1 yaitu kontra PSM Makassar pada 13 Juli 2017 dan Persela Lamongan pada 23 Juli 2017.

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *