Piala Asia U-19 di Indonesia, Indra Sjafri Incar Piala Dunia U-20

By on July 28, 2017
indra-sjafri1_sportsatu

Pelatih timnas U-19 Indonesia, Indra Sjafri, menargetkan skuad asuhannya tampil di Piala Dunia U-20 2019. Target dimunculkan setelah Indonesia dipastikan menjadi tuan rumah Piala Asia U-19 2018, 18 Oktober sampai 4 November 2018.

AFC resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah dengan beberapa alasan. Utamanya kepantasan.

Penunjukkan sebagai tuan rumah pun diharapkan bisa membantu Indonesia dalam pemulihan serta perkembangan setelah dihukum FIFA.

Dengan penunjukkan tersebut Indonesia dipastikan lolos otomatis ke Piala Asia U-19. Meski begitu, Indonesia tetap mengikuti babak kualifikasi.

Indonesia tergabung di Grup F babak Kualifikasi bersama Korea Selatan, Malaysia, Timor Leste, Brunei Darussalam. Partai Grup F digelar di Korea Selatan, 31 Oktober-8 November 2017.

“Ini bentuk kepercayaan AFC kepada PSSI. Kami punya keinginan untuk meraih prestasi terbaik di kesempatan ini,” kata Indra Sjafri.

Indra Sjafri pernah gagal membawa Indonesia berprestasi di Piala Asia U-19 2014 yang digelar di Myanmar. Indonesia babak belur dengan menelan tiga kekalahan di Grup B.

Impian menembus Piala Dunia U-20 2015 sirna. Seperti diketahui, hanya empat tim terbaik dari Piala Asia U-19 yang lolos ke Piala Dunia U-20.

“Ini momen kedua saya di putaran final Piala Asia, saya ingin bisa lebih dari hasil tahun 2014 demi keinginan lolos ke Piala Dunia U-20 tahun 2019 mendatang,” jelas Indra Sjafri.

Sebelum tampil di kualifikasi, skuad Garuda Muda akan lebih dulu tampil di Piala AFF U-18, 4-17 September. Indonesia tergabung di Grup B bersama tim undangan Selandia Baru, Brunei, Myanmar, Filipina, dan Vietnam.

“Perkembangan pemain saat ini juga bagus. Mereka punya kesempatan lebih baik dari yang sebelumnya. Apalagi saat ini kepedulian masyarakat ke timnas usia muda sudah bagus. Jadi bila ingin timnas Senior itu kuat, ya timnas usia mudanya juga harus bagus,” terang Indra Sjafri.

Sementara itu, PSSI menyiapkan lima stadion menjadi venue Piala Asia U-19. Kelima stadion itu yakni Utama Gelora Bung Karno, Patriot, Pakansari, Si Jalak Harupat, dan Gelora Bandung Lautan Api.

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *