PSSI Resmi Putuskan Regulasi Pemain U-23 Tak Berlaku Lagi

By on August 31, 2017
logo-pssi

PSSI secara resmi memutuskan regulasi penggunaan pemain U-23 dalam Liga 1 2017 tak berlaku lagi hingga akhir kompetisi. Hal ini diputuskan setelah mengevaluasi pelaksanaan kompetisi hingga paruh musim bersama klub peserta dan PT Liga Indonesia Baru (LIB).

PSSI sebelumnya menangguhkan regulasi tersebut hingga SEA Games 2017 berakhir. Mengingat skuad timnas U-22 sudah terpilih untuk SEA Games.

“Semangat dari keputusan ini adalah karena kami ingin membuat kompetisi Liga 1 yang lebih baik lagi. Karena itu, evaluasi bersama klub peserta dan penyelenggara liga tetap diperlukan dan kita implementasikan secara bersama,” kata Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria.

PSSI menyatakan bahwa semua klub Liga 1 diperbolehkan untuk menurunkan atau memainkan semua pemainnya yang telah terdaftar. Hal itu juga dijelaskan melalui surat nomor 2312/UDN/12393/VII-2017 yang ditujukan kepada Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru.

Implementasi dari keputusan ini yakni pergantian pemain menjadi hanya tiga kali. Dengan penangguhan ini, maka klub tidak lagi diwajibkan memainkan sedikitnya tiga pemain U-23 sejak kick-off selama sekurang-kurangnya 45 menit, dua pemain U-23 dibangku cadangan dan pergantian pemain maksimal lima pemain setiap pertandingan.

“Sepanjang si pemain (U-23) mampu menunjukkan potensi dan kapasitasnya, tentu pelatih tidak akan ragu untuk menurunkan pemain terbaiknya. Ya, kami harapkan pemain muda punya semangat dan motivasi yang kuat agar bisa tampil. Klub pun pasti memikirkan regenerasi pemainnya,” jelas Ratu Tisha dikutip dari laman PSSI.

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *