Sembilan Motor Bersejarah Valentino Rossi Saat Raih Gelar Juara

By on November 2, 2016

Valentino Rossi adalah salah satu pebalap motor tersukses setelah era Michael “Mick” Doohan. Pria kelahiran 36 tahun silam asal Urbino, Italia, ini telah menyabet sembilan gelar juara dunia, yaitu masing-masing di kelas 125cc dan 250cc, dan 500cc, serta enam gelar di MotoGP. Lalu, motor apa saja yang dipakai Rossi saat menyabet gelar juara-juara tersebut?

Valentino Rossi yang memulai karier balap di grandprix motor dunia pada 1996. Ia Memulai balapan di grandprix dengan menggunakan motor Aprilia di kelas 125cc dan memenangi kejuaraan dunia pertama pada tahun berikutnya. Gelar juara dunia selanjutnya diraih saat Rossi berada di kelas 250cc pada 1999, yang merupakan musim keduanya.

Perkembangan Rossi yang begitu cepat beradaptasi dengan motor, maka pada 2000 ia bergabung dengan Honda untuk kelas 500cc bersama tim Nastro Azzurro. Sama seperti di kelas sebelumnya (125cc dan 250cc), Rossi dapat menyabet gelar juara dunia di paruh musim kedua pada 2001.

Kemampuan Rossi semakin terlihat ketika dapat mempertahankan gelar juara dunianya bersama Repsol Honda pada 2002 dan 2003. Namun, pada akhir 2003 Rossi memutuskan untuk hijrah dari tim yang membesarkan namanya. Rossi memutuskan untuk bergabung bersama tim Yamaha yang terakhir meraih juara dunia pada 1992 hasil torehan pebalap Wayne Rainey. Dengan keadaan Yamaha seperti itu, Rossi membawa Jerremy Burgess, kepala Mekanik, yang dulu juga menangani Doohan dan Alex Criville. Sebagian besar mekanik dibawa Rossi untuk membenahi teknologi motor Yamaha agar mampu menandingi motor terkuat di kelas saat itu, RC211V, milik Honda.

Dengan kepindahannya bersama tim Yamaha, banyak yang mengira dan pesimistis bahwa Rossi tidak dapat mempertahankan gelar juara dunianya. Salah satu pernyataan datang dari Max Biaggi, musuh bebuyutannya. Bahkan Rossi sendiri kurang tisoptimis mempertahankan gelarnya. Namun, semua pikiran itu ia hilangkan agar dapat tampil kompetitif bersama Yamaha hingga akhirnya pada seri pertama musim 2004 di GP Welkom, Afrika Selatan, ia mampu mengalahkan Max Biaggi yang mengendarai motor Honda.

Rossi membuktikan kepada semua orang bahwa ia dapat mengendarai Yamaha dan meraih titel juara dunia pada 2004, 2005, 2008, dan 2009. Selain itu, ia menjadi pembalap Yamaha pertama yang paling banyak juara dalam satu musim. Rossi juara 11 seri pada musim 2005. Mau tahukah Anda motor apa saja yang mengantarkan Rossi juara dunia? Berikut daftarnya.

About sportsatu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *