Sempat Tertinggal, Timnas U-19 Indonesia Gebuk Myanmar 2-1

By on September 5, 2017
indonesia-myanmar-aff-u18_mff Timnas U-19 Indonesia vs Myanmar di Piala AFF U-18/MFF

Timnas U-19 Indonesia meraih hasil positif di laga pertamanya di penyisihan Grup B Piala AFF U-18 2017. Menghadapi tuan rumah Myanmar di Stadion Thuwunna, Yangon, Selasa (5/9), Indonesia menang 2-1 setelah sempat tertinggal.

Hasil ini diperoleh setelah Indonesia lebih dulu menekan sejak laga bergulir. Skuad asuhan Indra Sjafri mendapat peluang pada menit kelima, namun bola hilang dari penguasaan Egy Maulana Vikri.

Myanmar mencoba keluar dari tekanan setelah itu. Percobaan dilakukan Myat Kaung Khant pada menit ke-10 beruntung bola sepakan bisa diamankan M. Riyandi.

Beberapa ancaman dibuat Myanmar dan Indonesia harus kebobolan pada menit ke-28. Gol Myanmar dicetak oleh Myat Kaung Khant setelah Indonesia kehilangan bola di tengah lapangan.

Bola dibawa sebelum diumpan ke depan gawang, yang kemudian disambar Myat Kaung Khant dan menjebol gawang Indonesia.

Rachmat Irianto dkk. mencoba membalas. Pada menit ke-29 percobaan dilakukan, namun gagal melalui Rifad Marasabessy.

Sementara itu, Myanmar belum berhenti menebar ancaman. Serangan balik kerap dilakukan dengan cepat setelah merebut bola dari Indonesia.

Timnas U-19 Indonesia tetap tak bisa mencetak gol sehingga tertinggal satu gol di babak pertama.

Skuad Garuda mencoba mencetak gol lagi pada menit ke-47. Namun bola sepakan Egy Maulana Vikri melebar. Adapun bola tembakan Win Naing Tun diamankan M. Riyandi semenit berselang.

Indonesia terus berusaha membalas. Hanis Saghara melepaskan percobaan, tapi bola sepakannya ditangkap pada menit ke-63. Indonesia hampir mencetak gol pada menit ke-67, namun bola sepakan Egy dalam posisi tak terkawal dihalau dan keluar.

Sedangkan pada menit ke-68, dua usaha dengan sundulan yang nyaris berbuah gol dihalau Myanmar. Indonesia baru mencetak gol pada menit ke-72.

Gol timnas U-19 Indonesia dicetak oleh Egy Maulana Vikri. Itu setelah bola umpan silang Rifad mengarah ke gawang, tapi ditepis sebelum kena mistar. Bola di depan gawang disundul Egy dan tak bisa dihadang.

Semangat Rachmat Irianto dkk. meningkat. Usaha untuk mencetak gol lain agar meraih kemenangan dilakukan dengan tembakan-tembakan yang mengarahkan bola ke gawang.

Bola sepakan Egy pada menit ke-86 mengarah ke gawang, namun bisa diamankan Htet Wai Yan Soe. Indonesia terus menekan dan akhirnya menggetarkan gawang Myanmar lagi pada menit ke-93.

Egy Maulana kembali mencatatkan nama di papan skor. Bola sepakan dari sisi samping mengenai tiang jauh dan mengarah ke dalam gawang. Skor 2-1 menutup pertandingan, Indonesia pun meraih tiga poin.

Indonesia selanjutnya menghadapi Filipina pada 7 September, sementara Myanmar berlaga lagi pada 9 September melawan Brunei.

Susunan Pemain

Indonesia: M. Riyandi (GK), Nurhidayat Haji Haris, M. Rifad Marasabessy, Rachmat Irianto (C), Firza Andika (Samuel Christianson 65′), M. Iqbal (Syahrian Abimanyu 41′), M. Luthfi Kamal, Egy Maulana Vikri, Feby Eka Putra (Asnawi Mangkualam 89′), Saddil Ramdani, Hanis Saghara Putra

Myanmar: Htet Wai Yan Soe (GK), Thet Paing Htwe, Si Thu Moe Khant, Soe Moe Kyaw (C), Naing Ko Ko, Lwin Moe Aung, Myat Kaung Khant, Eant Maw Oo, Pyae Sone Naing, Win Naing Tun, Hein Htet Aung

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *