Seri 0-0 Kontra Thailand, Indonesia Terhenti, Malaysia Juara Grup dan Lolos

By on July 23, 2017
thailand-indonesia-osvaldo-afcu23_thailandntofficial Thailand vs Indonesia/ThailandNTOfficial

Timnas U-22 Indonesia dipastikan gagal lolos ke Piala Asia U-23 2018. Itu setelah di laga terakhir Grup H babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2018 bermain imbang 0-0 kontra tuan rumah Thailand di Stadion Nasional, Bangkok (23/7).

Laga dijalani Indonesia termasuk Thailand dengan tidak mudah. Hujan deras yang turun sejak menit kelima, ditambah angin menjadi penyebabnya.

Thailand sempat membuat ancaman pada menit ke-12, beruntung bisa digagalkan. Sementara itu bola tendangan bebas pemain Thailand bisa diblok pada menit ke-20.

Timnas U-22 Indonesia dan Thailand makin sulit bermain. Kondisi lapangan yang buruk membuat air tergenang.

Kondisi ini sama seperti ketika Thailand bermain imbang 1-1 kontra Mongolia, 19 Juli. Buruknya lapangan saat itu sempat memunculkan keinginan kualifikasi dipindah seperti ke Stadion SCG atau Rajamangala.

Indonesia mengancam pada menit ke-41. Bola sepakan Septian David Maulana tak membuahkan hasil. Thailand gantian mengancam pada menit ke-42, namun juga tak menghasilkan gol. Sulitnya menciptakan gol membuat skor 0-0 menutup paruh pertama.

Kondisi lapangan tak membaik di babak kedua meski curah hujan turun. Thailand nyaris membuat gol pada menit ke-46 setelah bola umpan Sasalak Haiprakhon ke arah gawang Indonesia, beruntung bisa dihalau Kartika Ajie. Adapun bola sundulan Sittichok Kannoo menyamping pada menit ke-50.

Permainan Indonesia dan Thailand masih berantakan. Indonesia hampir unggul lebih dulu setelah Osvaldo Haay bisa melakukan sepakan di dalam kotak pada menit ke-63. Gol tak terjadi karena bola menyamping.

Usaha Indonesia di menit-menit akhir seperti lewat Osvaldo Haay dan Febri Hariyadi tetap tak membuahkan hasil. Pun dengan Thailand. Skor tetap tak berubah hingga laga berakhir.

Indonesia tetap di tempat ketiga dengan empat poin dan terhenti di babak kualifikasi. Adapun Thailand turun ke tempat kedua dengan lima angka.

Sementara itu, Malaysia naik dan menjadi juara grup dengan enam angka sekaligus meraih tiket ke putaran final Piala Asia U-23 2018.

Susunan Pemain:

Thailand: Nont Muangngam (GK), Saringkan Promsupa, Shinnaphat Leeaoh, Rattanakorn Maikami, Suriya Singmui, Worachit Kanitsribumphen, Nopphon Phonkam, Chaiyawat Buran, Phitiwat Sookjitthammakul, Sasalak Haiprakhon, Chenrop Samphaodi (C)

Indonesia: Kartika Ajie (GK), Ricky Fajrin, Bagas Adi Nugroho, Hansamu Yama (C) (Andy Setyo), Gavin Kwan, Osvaldo Haay, Evan Dimas, Hargianto, Febri Hariyadi, Yabes Roni (Saddil Ramdani 72′), Septian David Maulana (Marinus Wanewar 52′)

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *