Soal Rencana 15 Klub Liga 1 Mogok, PT LIB: Silakan Saja

By on October 5, 2017
whatsapp-image-2017-10-05-at-20-07-22

PT Liga Indonesia Baru (LIB) mempersilakan apabila 15 klub memilih untuk mogok sementara berkompetisi. Hal ini seperti disampaikan Direktur Utama PT LIB, Berlinton Siahaan.

Rencana itu muncul menyusul ketidakpuasakan klub Liga 1. Terlebih PT LIB disebut tak menanggapi.

Rencana itu akan dijalankan apabila PT LIB tak memberi respons termasuk untuk bertemu dalam 14 hari. Hal ini berkaitan dengan tiga aspek, yaitu bisnis, legal, dan teknik yang dirasa tidak jelas.

Aspek bisnis menyangkut transparansi jumlah sponsor, hak siar, pengunaan anggaran, pelaksanaan live pertandingan, ranking dan rating, serta penjadwalan pertandingan.

Adapun aspek legal seperti kejelasan pemilik modal, perjanjian hak dan kewajiban, serta gaji pemain yang dipanggil timnas. Adapun teknis terkait regulasi, penugasan wasit, kebijakan kompetisi usia muda, transparansi laga home and away, serta implementasi fairness.

Terlebih surat perjanjian yang ditandatangani di awal kompetisi disebut belum didapat klub.

“Kalau ada kata mogok, silakan. Jika mogok ada aturannya, jadi silakan. Saya bukan menantang, tapi kalau mau seperti itu silakan. Sebetulnya saya meragukan apakah membawa nama sendiri atau klub,” jelas Berlinton Siahaan.

Sementara itu, Komisaris PT LIB, Rambun Tjahjo menambahkan bahwa pihaknya punya hak. “Sebetulnya saya kaget sebagai advokat meski komisaris. Ada kontrak yang harus mereka jalani.”

“Sebagai pihak berkontrak, klub punya kewajiban untuk dilakukan. Bukan hanya hak tapi kewajiban. Sebagai pihak berkontrak kemudian mogok, kami sebagai LIB punya hak menuntup karena kami berhubungan dengan pihak ketiga.”

“Kalau kami mengalami kerugian, bukan tidak mungkin. Tapi saya pikir tak perlu sampai seperti itu,” jelas Rambun.

Adapun CEO PT LIB, Risha Adiwijaya mengatakan bahwa pihaknya akan mengundang klub pekan ini untuk membicarakan kompetisi pekan berikutnya.

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *