Timnas U-16 Indonesia Bungkam Laos 3-0 dan Lolos Sebagai Juara Grup

By on September 22, 2017
laos-indonesia-afc-u16_laoff Laos vs Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-16/LaoFF

Timnas U-16 Indonesia memastikan diri lolos ke Piala Asia U-16 2018 di Malaysia dengan status sebagai juara Grup G. Itu setelah di laga terakhirnya di Grup G babak Kualifikasi Piala Asia U-16 2018 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Jumat (22/9) sore, menang 3-0 atas Laos.

Ini laga terakhir Indonesia setelah sebelumnya menekuk Northern Mariana Islands 18-0, Timor Leste 3-1, dan Thailand 1-0.

Indonesia sebetulnya hanya membutuhkan hasil seri untuk menjadi juara Grup G sekaligus memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2018. Adapun bagi Laos ini merupakan partai ketiga.

Timnas U-16 Indonesia menang setelah tampil menyerang sejak awal pertandingan. Dua percobaan dilakukan pada menit ke-16, namun bola diblok.

Sejumlah usaha lewat sepak pojok dan tendangan bebas belum membuahkan hasil. Indonesia baru membuat gol pada menit ke-25.

Gol pertama Indonesia dicetak oleh Sutan Diego Armandoondriano Zico setelah bola sepakan rekan setim diblok Dim Phoutthavong.

Bola muntah disambar Sutan Zico dan menggetarkan jala gawang Laos sekaligus membuat Indonesia memimpin 1-0.

Timnas U-16 Indonesia terus mencoba mencari gol lain. Sementara itu percobaan dilakukan Chony Wenpaserth tapi tak menjadi gol pada menit ke-32. Usaha Chony juga gagal pada menit ke-41.

Skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia tidak berubah hingga paruh pertama berakhir.

Timnas U-16 Indonesia baru menggandakan keunggulan lewat gol pada menit ke-59. Sutan Zico kembali mencatatkan nama di papan skor setelah menyambut bola hasil umpan dari sisi samping.

Ini merupakan gol ke-10 Sutan Zico. Sebelumnya ia mencetak lima gol atau quintrick saat menang atas Northern Mariana Islands dan tiga gol atau hattrick saat menundukkan Timor Leste.

Indonesia hampir unggul tiga gol tanpa balas. Bola yang melaju ke gawang dan dikira kiper Laos Dim Phoutthavong akan masuk, mengenai tiang sebelum diamankan pada menit ke-71.

Sedangkan pada menit ke-74, usaha Rendy Juliansyah tak membuahkan hasil. Indonesia justru hampir kebobolan pada menit yang sama, beruntung bola mengenai tiang.

Sutan Zico tak mampu membuat gol lagi pada menit ke-86. Bola sepakannya berbelok dan keluar lapangan.

Timnas U-16 Indonesia kemudian mendapat penalti pada menit ke-95. Rendy Juliansyah sukses menjalankan tugas yang membuat Indonesia memimpin 3-0 hingga laga berakhir.

Kemenangan ini membuat Indonesia sempurna di Grup G dengan poin 12 dari empat pertandingan. Jumlah poin tak bisa dilampaui sehingga akan tetap di puncak.

Adapun Laos tetap dengan tiga poin dari tiga laga sebelum bertemu tuan rumah Thailand di laga terakhir pada 24 September.

Selain Indonesia, putaran final akan diikuti sembilan juara grup lain dan lima runner-up terbaik. Runner-up terbaik keenam ikut serta jika Malaysia masuk dalam daftar 10 juara grup dan lima runner-up terbaik.

Susunan Pemain

Indonesia: Ernando Ari Sutaryadi (GK/C), Amiruddin Bagas Arrizqi, Ahmad Rusadi, M. Salman Alfarid, M. Yudha Febrian, Komang Teguh Trisnanda (Hamsa Lestaluhu 83′), Andre Oktaviansyah, Brylian Negietha Aldama (Rendy Juliansyah 46′), Amanar Abdillah, Miftahul Husyen (M. Supriadi 46′), Sutan Diego Armandoondriano Zico

Laos: Dim Phoutthavong (GK), Songkan Sichanthavong (C), Hatsachanh Phonephavanh, Anoulack Vannalath, Phonesavanh Keomanyvong, Ananthana Chanthamaly, Sisouphonh Ackhavong, Phoutthalak Thongsanith, Soubanh Keopheth, Akkhom Thoranin, Chony Wenpaserth

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *