Timnas U-19 Indonesia Digulung Korea Selatan 0-4

By on November 4, 2017
timnas-u19-indonesia-kualifikasi_media-pssi Timnas U-19 Indonesia/Media PSSI

Timnas U-19 Indonesia harus mengakui keunggulan Korea Selatan. Di laga ketiganya di Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 Grup F, skuad Garuda Nusantara digulung Korea Selatan 0-4 di Stadion Paju, Korea Selatan, Sabtu (4/11).

Timnas U-19 Indonesia memulai laga dengan ditekan. Indonesia memiliki kesempatan pada menit kelima, namun bola tendangan bebas Saddil Ramdani jauh dari sasaran.

Indonesia terus ditekan dan mendapat ancaman. Itu sebelum kebobolan untuk pertama kali pada menit kedelapan.

Adalah Um Wonsang yang akhirnya membuat gawang Indonesia tak perawan lagi. Ia membuat gol setelah Aqil Savik gagal menghalau bola hasil umpan silang. Um Wonsang yang mendapat bola langsung menembaknya ke gawang Indonesia.

Timnas U-19 Indonesia mendapat peluang setelah Hanis Saghara mendapat bola pada menit ke-12. Gol tak tercipta lantaran sepakan Hanis Saghara tak sempurna sehingga bola keluar.

Skuad Garuda Nusantara kembali diancam pada menit ke-16. Beruntung tembakan yang dilakukan pemain Korea Selatan tak menjadi gol.

Semenit berselang, bola sepakan penggawa Korea Selatan dihalau. Adapun pada menit ke-18, bola sundulan Oh Sehun diamankan Aqil Savik.

Aqil Savik kembali menggagalkan upaya Korea Selatan melalui Oh Sehun pada menit ke-23. Pada menit yang sama, Korea Selatan kembali menebar ancaman.

Timnas U-19 Indonesia berusaha keluar dari tekanan. Egy Maulana Vikri selalu gagal menembus pertahanan tim Negeri Ginseng.

Sementara itu, bola tembakan Rifad Marasabessy diblok pada menit ke-35. Adapun bola sepakan Saddil Ramdani pada menit ke-44 jauh dari sasaran.

Gawang Indonesia diamankan oleh Aqil Savik di ujung paruh pertama. Indonesia tertinggal 0-1 hingga 45 menit pertama berakhir.

Timnas U-19 Indonesia masih kesulitan. Skuad Garuda hampir kebobolan lagi pada menit ke-53, beruntung bola tendangan Jeon Sejin kena tiang.

Aqil Savik harus kembali memungut bola dari dalam gawang pada menit ke-57. Umpan silang dimaksimalkan Oh Sehun dengan kepala, yang membuat bola ke pojok gawang.

Indonesia kebobolan lagi pada menit ke-61 setelah kesalahpahaman Aqil Savik dengan Samuel Christianson. Bola direbut Um Wonsang, yang langsung menceploskan ke gawang Indonesia.

Garuda Nusantara hampir kebobolan kembali pada menit ke-72 lewat sundulan Cho Youngwook. Beruntung bola diblok sebelum dibuang.

Itu sebelum gawang kembali bergetar pada menit ke-77 setelah Aqil Savik menghalau bola sundulan Kim Hyunwoo. Bola muntah disambar Lee Jaeik dan tak bisa dihalau.

Usaha Indonesia setelah itu masih menemui kebuntuan. Skor 4-0 untuk Korea Selatan menutup pertandingan.

Hasil ini membuat Indonesia tetap dengan enam angka dari tiga pertandingan. Adapun Korea Selatan memiliki poin yang sama dari dua pertandingan sekaligus menggeser Indonesia dari puncak klasemen Grup F.

Susunan Pemain

Korea Selatan: Min Seongjun (GK), Hwang Taehyeon (C), Lee Jaeik, Kim Hyunwoo, Lee Khuhyuk, Jeong Hojin, Jeong Wooyeong, Um Wonsang, Jeon Sejin, Lee Kangin, Oh Sehun

Indonesia: M. Aqil Savik (GK) (Gianluca Pagliuca Rossy 81′), Samuel Christianson, Nurhidayat, Rachmat Irianto (C), M. Rifad Marasabessy, M. Iqbal, M. Luthfi Baharsyah, Syahrian Abimanyu, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani (Witan Sulaeman 65′), Hanis Saghara (M. Rafli Mursalim 59′)

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *