Ungkapan Ong Kim Swee Usai Malaysia Kalah dari Thailand dan Gagal Raih Emas

By on August 30, 2017
malaysia-u22-thailand_thailandntofficial Malaysia vs Thailand/ThailandNTOfficial

Pelatih timnas U-22 Malaysia, Ong Kim Swee, tak senang dengan hasil yang diperoleh skuad asuhannya. Hal ini diungkapkan setelah Malaysia kalah 0-1 dari Thailand di final sekaligus partai perebutan medali emas di Stadion Shah Alam, Selasa (29/8) malam.

Malaysia kalah melalui gol bunuh diri kipernya Haziq Nadzli pada menit ke-39. Bola hasil sepak pojok Thailand ditinju dan justru masuk ke gawang sendiri.

“Kami memberi perlawanan yang bagus kepada Thailand, tapi kami memberi gol kepada mereka. Kami mencoba bangkit, namun gagal mencetak gol,” kata Ong Kim Swee dikutip dari Berita Harian.

Malaysia pun harus puas mendapat medali perak di negeri sendiri. Adapun medali emas kembali didapatkan Thailand. Medali perunggu diperoleh Indonesia usai mengalahkan Myanmar 3-1 di Stadion Selayang, Selasa (29/8) sore.

“Saya tak senang karena tak meraih medali emas, tapi secara keseluruhan saya puas dengan performa pemain dengan waktu terbatas yang kami lewati sebelumnya. Kami telah membuktikan bisa bersaing dengan tim di regional (Asia Tenggara),” tambahnya.

Ong Kim Swee juga menjelaskan bahwa Haziq Nadzli tak bisa disalahkan. “Ini situasi sulit buat Haziq dan kesalahannya juga bisa dilakukan pemain manapun. Kami tidak bisa menyalahkannya. Ia masih muda dan belajar,” terang Ong Kim Swee.

Sementara itu, pelatih Thailand, Worrawoot Srimaka mengaku puas. Apalagi medali emas diperoleh tanpa sekalipun kekalahan. Thailand mencatatkan enam kemenangan (empat di fase grup, dua di semifinal dan final) serta satu hasil seri (di fase grup).

Thailand juga hanya kebobolan satu gol sepanjang SEA Games 2017 dan itu diterima ketika bermain imbang 1-1 kontra Indonesia.

“Setidaknya kami tidak kalah di laga ini. Kami hanya kebobolan satu gol dari penalti. Kami membuktikan bahwa permainan bagus, kemudian mendapatkannya. Ini statistik tim kami.”

“Kami sebetulnya memiliki peluang mencetak banyak gol. Pada akhirnya mereka buat gol ke gawang sendiri, ini adalah keberuntungan buat kami.”

Worrawoot Srimaka puas juga disebabkan karena Malaysia memberi kesempatan anak asuhnya bermain di hadapan 80 ribu penonton, yang mayoritas merupakan pendukung timnas U-22 Malaysia.

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *