Usai Ditekuk Malaysia, Timnas U-22 Indonesia Mengamuk, Gilas Mongolia 7-0

By on July 21, 2017
indonesia-mongolia-afc-u23 AFC

Timnas U-22 Indonesia meraih kemenangan besar di laga keduanya di Grup H babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2018. Indonesia menang dengan skor 7-0 atas Mongolia di Stadion Nasional, Bangkok, Jumat (21/7).

Ini menjadi respons setelah takluk 0-3 di laga pertama. Indonesia digebuk Malaysia 0-3 dan membuat peluang menjadi menipis untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2018.

Di laga kedua, Luis Milla melakukan perubahan besar dalam skuad inti timnas U-22, yang main sejak awal. Tujuh pemain yang starter sebelumnya diganti.

Timnas U-22 Indonesia menang setelah tampil menyerang sejak awal pertandingan. Indonesia mendapat peluang mencetak gol pada menit keenam setelah bola tembakan diblok kiper Mongolia, Saikhanchuluun Amarbayasgalan.

Gol tak terjadi pada menit keenam lantaran bola sepakan Marinus Wanewar memaksimalkan bola muntah, keluar. Sementara itu, Mongolian mencoba keluar dari tekanan pada menit ke-11.

Indonesia mencoba membuat gol lagi pada menit ke-16. Namun bola tembakan Saddil Ramdani tak menemui sasaran.

Skuad Garuda Muda baru membuat gol pada menit ke-17. Adalah Saddil Ramdani yang menggetarkan gawang Mongolia.

Lahirnya gol berawal dari umpan terobosan. Bola diterima Saddil sebelum mengecoh pemain Mongolia dan melepaskan tembakan kaki kiri. Bola ke pojok dan tak bisa dihadang.

Indonesia memiliki peluang mencetak gol lagi dua menit berselang setelah Saddil menerima umpan jauh. Bola sepakan Saddil di dalam kotak diblok. Adapun bola sepakan Evan Dimas usai melihat gawang tak menemui sasaran pada menit ke-28.

Skuad asuhan Luis Milla menggandakan keunggulan lewat gol Marinus Wanewar pada menit ke-30. Gol dibuat dengan kepala menyambut umpan silang rekan di Persipura, Osvaldo Haay.

Sementara itu, bola sepakan Evan Dimas menyambut umpan datar Saddil Ramdani dihadang. Indonesia mencetak gol lagi pada menit ke-34.

Gol ketiga Indonesia dicetak oleh Gavin Kwan. Itu setelah Marinus melihat keberadaan Gavin, kemudian melepaskan umpan lambung. Gavin yang lepas dari pengawasan, menyambut bola dengan kepala.

Indonesia terus mencoba mencetak gol lain. Bola sepakan Saddil Ramdani pada menit ke-41 menyamping tipis. Skor 3-0 untuk Indonesia menutup paruh pertama.

Timnas U-22 Indonesia mendapat peluang mencetak gol lagi pada menit ke-48 setelah Marinus Wanewar mendapat bola. Namun bola sepakan Marinus diblok.

Indonesia unggul 4-0 menyusul gol yang dibuat Saddil Ramdani pada menit ke-56. Gol diciptakan usai bola tendangan bebas ditinju Amarbayasgalan. Bola ke arah Saddil sebelum ditembak dan masuk.

Setelah itu, Garuda Muda mendapat ancaman. Beruntung upaya Mongolia lewat Tuguldur Galt pada menit ke-62 dan Tuguldur Munkh-Erdene pada menit ke-63 digagalkan. Mongolia mengancam lagi pada menit ke-64.

Indonesia merespons. Serangan gantian dilakukan sejak menit ke-70. Usaha digagalkan mistar gawang usai Septian David Maulana melepaskan tembakan.

Timnas U-22 Indonesia unggul lima gol setelah Osvaldo Haay ikut membuat gol pada menit ke-71. Gol dibuat Osvaldo usai menyambar bola muntah hasil sepakan Evan Dimas yang diblok.

Andy Setyo kemudian dimasukkan untuk memperkuat pertahanan pada menit ke-73, menyusul kemudian Ryuji Utomo yang masuk pada menit ke-77 menggantikan Bagas Adi Nugroho.

Indonesia mencetak gol lagi sehingga unggul 6-0 melalui Gavin Kwan pada menit ke-88. Itu setelah memaksimalkan bola muntah hasil tendangan bebas yang diblok.

Timnas U-22 Indonesia menutup laga dengan kemenangan 7-0 usai Septian David Maulana ikut mencetak gol pada menit ke-91, hasil kerja sama dengan Marinus.

Hasil ini membuat Timnas U-22 Indonesia mengoleksi tiga poin dari dua pertandingan, adapun Mongolia tetap dengan satu poin hasil imbang 1-1 kontra Thailand. Indonesia selanjutnya menghadapi tuan rumah Thailand, Minggu (23/7).

Susunan Pemain

Mongolia: Saikhanchuluun Amarbayasgalan (GK), Munkh-Orgil Orkhon, Tuguldur Galt (C), Narmandakh Artag, Uuganbat Bat-Erdene, Bilguun Damdindorj, Ganbayar Ganbold, Tuguldur Munkh-Erdene, Tserenbayar Boldbaatar, Oyunbaatar Mijiddorj, Gal-Erdene Soyol-Erdene

Indonesia: Kartika Ajie (GK), Rezaldi Hehanusa, Bagas Adi Nugroho (Ryuji Utomo 77′), Hansamu Yama (C), Gavin Kwan, Osvaldo Haay, Evan Dimas, Hargianto (Andy Setyo), Saddil Ramdani (Yabes Roni 59′), Marinus Wanewar, Septian David Maulana

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *