Wasit Asing Pimpin Persib vs PS TNI dengan Alat Bantu Komunikasi

By on August 5, 2017
wasit-australia-ffa_pssi PSSI

Partai Persib Bandung kontra PS TNI di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Sabtu (5/8), akan dipimpin wasit asing Shaun Robert Evans. Shaun akan dibantu dua asisten wasit yang juga berasal dari Australia George Lakrindis dan Wilson Brown.

Sesuai data PSSI, Shaun Robert Evans merupakan wasit FIFA sejak 2016. Ia juga menjadi pengadil lapangan di A-League terhitung mulai 2012 dan pernah memimpin laga final Chinese FA Cup dan partai West Sydney vs Arsenal.

Adapun George Lakrindis tercatat sebagai asisten wasit FIFA sejak 2015, adapun sebagai asisten wasit A-League mulai 2010 dan pernah ikut dalam partai Bosnia vs Denmark (Kirin Cup).

Sedangkan Wilson Brown merupakan asisten wasit A-League sejak 2015 dan pernah bertugas di semifinal FFA Cup.

Partai ini juga akan berbeda karena wasit asing akan menggunakan alat bantu komunikasi. Seperti dijelaskan oleh Persib, wasit asing akan memakai alat komunikasi berupa earphone dan mikrofon tanpa kabel (wireless) untuk menunjang kinerja mereka selama memimpin jalannya pertandingan.

“Pada kancah sepak bola internasional penggunaan alat ini sepertinya sudah lazim digunakan sejak beberapa tahun lalu. Namun, untuk level sepak bola Indonesia, match Persib versus PS TNI malam nanti adalah yang pertama kali menggunakan alat komunikasi canggih itu,” tulis Persib.

“Karena ini yang perdana, teknologi canggih tersebut akan diuji terlebih dahulu perihal memungkinkan atau tidaknya jaringan yang tersedia di SJH.”

“Meski begitu, ketiga pengadil asal Negeri Kangguru itu sudah membawa dan mempersiapkannya secara khusus alat komunikasi tersebut untuk dipakai di pertandingan perdana dari putaran kedua Liga 1 itu.”

Sementara itu, Shaun Robert Evans menjelaskan sudah terbiasa dengan alat bantu untuk berkomunikasi itu saat memimpin laga level internasional dan liga domestik di Australia.

“Kami sudah terbiasa menggunakan alat komunikasi ini pada level kompetisi internasional, Asia dan liga domestik,” katanya dikutip dari laman Persib.

About Frengky Aruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *